From: katya's mom
Sent: Thursday, June 10, 2004 9:31 AM
Subject: [balita-anda] resep: apple sauce and apple juice

> Just want to share my ideas and always feel free to edit (and also
revised)

> Mungkin beberapa parents udah pernah tahu tentang hal berikut ini, tapi
tidak ada salahnya kalau sekarang saya refresh lagi.

> Apel adalah salah satu buah favorit buat si kecil, dan merupakan buah
yang resiko allergy-nya rendah. Berikut adalah resep untuk membuat apple
sauce. Apple sauce ini bisa dicampur ke bubur susu si kecil atau dimakan
begitu saja. Jangan lupa, cari yang manis dan segar.

> Baby's first apple sauce
>

> 240 ml air matang (ukuran air bebas, tergantung selera)
>
> 2 buah apel manis (jumlah apel terserah parents)
>

> Cuci bersih apel yang akan dimasak, kupas dan buang bijinya. Lalu
masukkan apel kedalam steamer (panci buat mengukus, saya tidak tahu bahasa
indonesianya yang baik dan benar). Sampai benar2 empuk.

> Setelah empuk, haluskan.
>
> Untuk bayi usia 6 bulan, lebih baik haluskan dengan blender atau food
processor.

> Untuk usia yang lebih besar atau sudah mulai belajar mengunyah, bisa
dihaluskan dengan garpu.

> Apple sauce ini bisa disajikan selagi hangat atau dingin. Untuk
praktisnya, saya biasa membuat apple sauce ini dalam jumlah banyak dan saya
masukkan ke dalam cetakan es batu dan simpan dalam freezer. Untuk menjaga
kesegarannya, jangan lupa tutup dengan plastik cling. Masa penyimpanan
maksimal 6 minggu. Jadi kapanpun si kecil menginginkan, Anda langsung bisa
menyajikan.

> Catatan:
>
> - Resep diatas bisa dikombinasikan dengan bubur
susu atau roti, untuk menu sarapan.

> - Buah apel bisa diganti dengan pir, apricot atau
wortel.

> - Untuk menghindari warna kecoklatan pada apel,
Anda dapat memberi sedikit perasan lemon. Sedikit saja.

> - Jangan lupa memberikan tanggal pembuatan, karena
bisa-bisa Anda lupa sudah berapa lama menyimpan makanan tersebut dalam
freezer

> Beda lagi dengan yang menginginkan Jus Apel. Karena Jus Apel yang
terdapat di supermarket pasti sudah ditambah gula dan pengawet. Berikut ada
cara praktis untuk parents yang anaknya senang minum jus apel, dan bisa
disimpan dalam lemari pendingin (maksimal 1 minggu). Daripada beli di
supermarket.. Lebih baik dari dapur sendiri bukan???

> Air matang secukupnya
>
> Buah Apel (tergantung selera)
>

> Cuci bersih buah apel, kupas dan buang bijinya. Potong kecil-kecil dan
masukkan dalam gelas juicer. Tambahkan air secukupnya. Setelah halus, saring
airnya (ampas bisa dijadikan pupuk tanaman) masukkan kedalam panci. Lalu
rebus selama 3 menit. Setelah 3 menit, diamkan dalam panci supaya dingin.
Lalu tempatkan kedalam botol-botol kecil bekas air mineral. Tergantung
selera.

> Okay parents. semoga bermanfaat!!!
>

> regards,
> katya's mom

> Friends. Fun. Try the all-new Yahoo! Messenger

regards,
katya's mom