Sebenarnya kalau sama mamanya si anak nggak ada masalah, kadang kami sering tukar
informasi macam macam. kadang kalo anaknya ada kepandaian baru juga saya muji, pintar
ya, anak saya belum bisatuh . dianya juga gitu. cuman masalahnya si nenek ini. Kemaren
sore pas yg jaga mamanya, saya ngajak anak saya ke rumah tetangga. anak saya emang
udah bisa ngoceh macam macam. temannya itu baru mama papa aja. si mama kayaknya santai
aja, nggak merasa anaknya kalah atau apa. malah si nenek yg ribut .... bilang cucunya
bisa ini bisa itu, mana ngomongnya keras. Btw, makasih banyak buat sarannya. Emang
kali karna udah nenek nenek ya.dan anaknya juga satu, itupun anak angkat. jadi agak
agak norak.

Lilis Suryawati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Mbak Hilma,

memang resiko kalau kita mau bertetangga adalah rasa toleransi yang besar.
Menurut saya biarkanlah si nenek tersebut menjaga cucunya seperti dia mau,
kalau Mbak masih mau anak Mbak bermain dengannya atau Mbak mau bergaul
dengan mamanya tuh anak. Mungkin dia punya alasan tersendiri untuk bertindak
begitu, biasa kan nenek-nenek itu suka lebih protek ke cucunya ketimbang ibu
si anak terhadap anaknya. Kebetulan saat ini anak saya juga dijaga oleh
orang yang umurnya 12 tahun lebih tua dari saya dan kelihatan dia tuh lebih
protek dan sayang terhadap anak saya ketimbang saya sendiri. Hilangkan
pikiran bahwa anak kita atau anak dia lebih baik, bergaullah dengan tulus
dan anggaplah anak tersebut sebagai teman anak kita (maaf kalau saya lihat
Mbak sudah punya perasaan bersaing terhadap cucu si nenek tersebut), jadi
kita sebagai orang tua jangan terlalu mencampuri yang bukan urusan kita
termasuk hak mengurus si anak. Kecuali kita melihat orangtuanya bertindak
kejam terhadap anak tersebut, barulah kita turut mencampurinya karena
merupakan kewajiban buat kita untuk melindungi anak itu juga.

Sorry kalau kurang berkenan.

Rgrds,
Lilis