Hello Armiati,

Ini ada jawaban dari milis dokter_ku:

Meningochele adalah gangguan pertumbuhan karena tidak menyatunya
lapisan lapisan jaringan tubuh di garis tengah. akibat adanya defect
pada lapisan tsb.
Gampangnya begini, tubuh manusia ini awalnya berasal dari 3 lembar
jaringan, nah tiga lembar jaringan ini akan berdeferensiasi menjadi
lembar lembar lain, salah satunya adalah yang membentuk susunan saraf
serta pembungkusnya .
Nah kita tau otak kan ada dalam kepala dan otak ada pembungkusnya
namanya mening, tulang dan kulit.
Dalam perkembangannya antara susunan saraf pusat dan pembungkusnya (
mening ) dan pembungkus di luarnya tulang kemudian pembungkus di
paling luar kulit, ini tumbuh dari lapis tertentu dan menyatu di garis
tengah ddalam waktu tertentu, sehingga terbentuklah susunan kepala
dengan lapisan yang rapi dari dalam sampai luar.
Pada meningochele ini, terjadi gangguan penyatuan tulang sehingga
lapisan mening yang membungkus otak langsung di bawah kulit. Kenapa
kok bisa menonjol.
Di antara otak dan lapisannya ini terdapat cairan yang berfungsi
sebagai peredam getaran, nah posisi dalam kandungan kan bermacem
macem, dan biasanya kepala di bawah, sehingga tekanan di dalam kepala
tinggi. Disamping itu tekanan di dalam cairan tsb memang sudah ada dan
ada defect sehingga daerah defect akan merespon tekanan dalam cairan
ini dengan membentuk kantong.
Nah, pemeriksaan bayi bapak perlu CT scan atau MRI, kenapa?.
Untuk memastikan diagnosa, apa yang ada didalam kantong tersebut.
Apakah hanya cairan atau ada otak yang ada didalamnya. Untuk diagnosa
ini sebaiknya secepatnya di lakukan, tapi operasinya bisa di tunda.
Maksudnya begini, di pastikan dulu apa yang ada di dalam kantong
tersebut. Jika hanya cairan dan meningochele nya tidak besar operasi
bisa di tunda sampai umur 2-3 tahun. Tapi jangan sampai umur anak
bermain karena itu akan menjadi bahan ejekan temannya. So sebelum usia
bermain dengan anak anak sebaiknya operasi dilakukan.
Tapi jika terdapat jaringa otak di dalam kantong tersebut maka perlu
dilakukan rekonstruksi secepatnya. Agar otak tersebut bisa berkembang
sesuai dengan tempat dan perannya.

Menurut pendapat saya anestesinya kok bukan anestesi lokal, tapi
anestesi dengan diazepam atau sejenisnya, maksudnya adalah agar bayi
tidak goyang goyang saat di CT scan. itu saja. Tapi kalau bayinya
tidur dan tidak bergerak gerak saya pikir tidak dengan Anestesi pun
bisa. Dan tidak masalah kok untuk memberikan obat penenang pada bayi,
kan ada dosis untuk bayi. kalau misalnya Ct menolak, bisa juga dengan
USG meski hasilnya tidak sebaik dengan CT. Tapi saya tidak
menganjurkan USG
Kalau bayi Mas widi normal dan tidak dengan alat bantu nafas atau di
ICU dll, saya pikir aman aman saja melakukan anestesi dengan obat per
infus tersebut.
trus CT nya kok lama banget 1 jam? 30 menit aja sudah cukup kok.
Apalagi bayi mas widi sudah satu bulan. Sebaiknya segera saja di
lakukan pemeriksaan bisa CT atau MRI
semoga bermanfaat.

dr. T
Residen Bedah Saraf
Hiroshima University, Japan

--- dikiranya anak saya soalnya saya cuma paste email yg dibawah ini
:D -----

regards
widi - papi wardati