gpp mbak. keponakanku juga dulu gitu. dah umur 2 th ngomongnya belum
jelas, dan kosakatanya dikit banget. tapi sekarang umur 3 th dah
lancar. walaupun klo ngomong ga sejelas dan selancar angina, tapi dah
lumayan lah. soalnya kita2 dah sempet mikir, jangan2 ga bisa ngomong
nih anak. soalnya dari baby di asuh dgn BS, maminya cuma nengokin
seminggu sekali. BS ini orangnya diem, ga pernah ngerangsang ponakanku
ngomong. yg penting ngasih makan, di tidurin, klo melek di taruh di box..
main sendiri. BSnya asik nonton TV.

umur 2 th baru ganti BS yg rajin dan baik. sekarang ponakanku jadi
cerewet dan pinter. dulu juga suka nangis klo lg kumpul2 sama keluarga
besar. karna ga pernah keluar rumah, sehari2 cuma berdua BS aja. sejak
umur 2 th sama maminya sering diajak2 keluar, ke mall, berenang,
sekolah minggu, diajak kumpul2 di rumah omanya, ketemu tante2nya yg bawel,
dan sepupu2nya. sekarang klo dateng ga pernah nangis lagi. langsung mingle.

Klo salma suka mukul kepala adeknya, mungkin gemes dan iseng. klo
adeknya nangis dia teriak susu, berarti dia iri sama adeknya, salma
pengen diperhatiin tuh. klo ga mo dipegang sama orang lain, itu sih
normal. biasanya sifat anak kecil memang spt itu.

klo buang2 barang, gpp. Angina juga dulu waktu umur 1 th suka buang
gelasnya klo abis minum. pernah aku lupa ngasih gelasnya yg beling/kaca,
ya udah *pranggg* pecah deh dibanting. klo malem, abis minum susu juga
gitu, padahal matanya merem. klo susunya abis langsung deh botolnya
melayang, paginya aku sibuk nyariin botol2 kosongnya,..ada di atas
komputer, di kolong ranjang, di lantai. mendaratnya beda2, tergantung
posisi tidurnya saat nyusu :) kayaknya dia reflex, klo abis minum
gelasnya/botol langsung di lepas. tapi setiap dia buang gelasnya/botol
selalu dikasih pengertian, dan di ajarin cara meletakan gelas yg benar
selesai minum. ga sampe sebulan dah bisa. gelasnya ga dibuang,
tapi diletakan di atas meja. klo malem jg ga ada acara botol melayang
lagi, tapi dia kasiin aku botolnya.

jadi the point is, sabar aja yah moms. jangan dikerasin, jangan
diomelin, apalagi sampe pake hukuman fisik. duhhh..ntar tambah ga bisa
diatur. katanya sih anak kecil itu kan potret diri kita. mereka suka
niru2. klo kita cubit ntar dia suka nyubit juga lho. klo kita ngomel
ntar dia suka ngomel juga. xixixi... yg ini kayaknya bener deh.
aku klo ngomel, malah diomelin lagi sama Angina. pernah aku omong gini
"Angi kok nakal amat sih. klo nulis2 jgn ditembok dong. ehhh dia malah
nyaut gini "mama yg nakal. :o

soryyyy..panjang banget.

--
Best regards,