halo mbak sofie..... ini aku dapet copy paste ajah ehehehehhe
semoga membantu....

Asam urat:
gejalanya, bisa timbul pegal-pegal pada sendi, pegal di leher & punggung,
kaku, saat kena dingin akan terasa ngilu atau kaku, bisa timbul benjolan
pada sendi atau reaksi inflamasi pada sendi berwarna merah, bengkak dan
sakit, bisa juga batu ginjal (saluran kemih), akhirnya gagal ginjal jika
terjadi kronisitas saluran ginjal yang tersumbat.
Kalau sudah kena ada beberapa cara penanganan tergantung manifestasi yang
ditimbulkan. Jika sendi-sendi pegal dengan asam urat lebih dari normal
biasanya pasien ditherapi dengan allopurinol ada juga yang generik, bila
sendi meradang biasa allopurinol diberikan dengan tambahan kortikosteroid
misalnya prednison, dsb.
Kalau sendi bengkak ada topus biasanya pasien dirawat dan cairan sendi
dipungsi, kemudian disuntik dengan kostikosteroid.
Pencegahan:
Kurangi makan makannya yang mengandung purin, paling banyak pada emping,
jeroan, dan santan. Makanan lain yang mengandung asam urat adalah kol, toge,
kangkung, bayam, kopi teh, alkohol, ragi tape atau tempe, polong-polongan,
seafood, daging merah (sapi, kerbau, kambing)
Yang boleh:
Ayam, ikan-ikan dan sayuran selain yang di atas.
Mulailah minum banyak sehari minimal 2 -3 liter dan oleh raga teratur.
Jika anda mau bisa konsumsi obat dari Healt Food, saya lupa namanya tanyakan
saja yang mengandung seledri pada apotik, banyak di jual di apotik Century
atau Guardian di Jakarta, Indonesia.

salam, intan