Moms and Dads, sudah pernah bikin yoghurt sendiri?
Tadi malam saya iseng bikin yoghurt sendiri.
Susu murni dipanaskan, tadinya gak ingin sampai mendidih eh kelewatan
sampai mendidih. Tapi begitu keluar busa-busa uap kompor langsung saya
matikan. Kemudian saya tunggu sampai susu hangat, trus saya ambil satu
sendok kecil YAKULT dan diaduk. Saya bagi ke dalam tiga gelas.
1. satu gelas saya tambahkan YAKULT lagi trus disimpan dalam suhu ruang
2. satu gelas saya simpan dalam lemari es
3. satu gelas saya simpan dalam suhu ruang

Paginya saya check
1. pada gelas petama tidak terlihat perubahan fisik
2. pada gelas kedua juga tidak terlihat perubahan fisik
3. pada gelas ketiga ada pemisahan fasa, setengah gelas berubah menjadi
seperti air namun warna agak kuning, setengah gelas bagian bawah
terbentuk gumpalan

Test rasa
1. rasa susu biasa
2. rasa susu biasa
3. fasa air (bagian atas) saya buang dan bagian bawah saya coba eh jadi
rasa YAKULT lho.
Benar juga kata resep di bawah ini bahwa biang yoghurt cukup sedikit
saja, kalau terlalu banyak malah gak jadi.
Ada yang punya pengalaman lain?

Ayah Salma

Cara Praktis Bikin Yoghurt
Sebagai biang, siapkan 1 sendok teh yoghurt polos untuk setiap 500 ml
susu. Seluruh peralatan membuat yoghurt harus dari bahan nonlogam.
Contohnya, panci baja antikarat (stainless steel) untuk merebus,
pengaduk kayu, dan wadah plastik untuk memeram. Hindari bicara atau
tertawa selama membuat yoghurt, agar susu tidak tercemari bakteri yang
dapat menggagalkan fermentasi.

Larutkan susu bubuk sesuai petunjuk dalam kemasan. Panaskan susu hingga
beruap dan tidak perlu sampai mendidih (50-60 derajat Celcius) selama 2
menit. Matikan api. Aduk-aduk hingga susu suam-suam kuku (30-40 derajat
Celcius). Campurkan biang yoghurt, aduk. Tuang ke dalam gelas-gelas
plastik, tutup rapat. Diamkan pada suhu kamar selama 8 jam, lalu simpan
dalam lemari es sampai saat dikonsumsi.

Guna memastikan keberhasilan yoghurt, periksa susu yang sudah dibubuhi,
4-5 jam setelah diperam. Jika tidak bergumpal-gumpal dan tidak beraroma
asam, artinya yoghurt gagal.

Jika suka yoghurt yang padat, larutkan susu bubuk 3-4 persen lebih
banyak daripada anjuran dalam kemasan. Atau, panaskan susu lebih lama,
hingga volumenya tinggal.
Yoghurt Smoothie
Agar yoghurt lebih nikmat dan lebih bergizi, kita bisa menyajikannya
sebagai smoothie. Masukkan 2 gelas yoghurt polos ke dalam blender,
tambahkan 2 buah pisang ambon beku dan 2 potong nanas beku yang telah
dikupas dan dipotong-potong, bubuhi 2 sendok makan madu. Proses hingga
halus, sajikan segera.

Selain pisang dan nanas, smoothie bisa dibuat dengan campuran pisang dan
stroberi, pisang dan apel hijau (Granny Smith), pisang dan jeruk keprok,
pir dan peach, mangga dan jeruk keprok, ataupun yang lainnya.
Sumber: Sedap Sekejap Edisi 9/II September 2001