mbak armiati,
pertumbuhan BB babynya gimana? kalo bagus artinya
masih dalam skala normal di skala pertumbuhan ya nggak
usah terlalu khawatir, mungkin memang kebutuhannya
sedikit. Ada beberapa tanda kok mbak kalo bayi kita
minumnya sudah kenyang, seperti sehabis minum dia akan
tidur pulas dan pertumbuhan BB cukup bagus.
Nggak perlu ditambah susu formula mbak, ASI khan yang
paling baik. Produksi ASI akan disesuaikan dengan
kebutuhan bayi kita, kalo bayi kita kuat nyusunya,
semakin sering dia nenen ke kita ya produksi kita akan
semakin banyak, tapi kalo anak kita kurang kuat
nyusunya ya produksinya akan menyesuaikan.
Produksi ASI yang dipompa ada kalanya memang lebih
sedikit, karena rangsangannya khan beda dengan mulut
bayi. Tapi kalo kita konsisten merah ASI pada jam2
tertentu dan sampai kosong benar, nantinya di jam2 tsb
ASI kita akan cukup banyak. Mungkin mbak armiati
sekarang latihan merah dulu, sampai ketemu 'slahnya'
cara meras yang paling nyaman. ASI eksklusif 6 bln
mbak, jadi kalo bisa ya diusahakan.
Selamat mencoba ya mbak.... dan jangan menyerah.

heni