Dear All,
Terima kasih banyak atas sharringnya tentang pemberian ASI.
Berikut saya summary kan, mohon maaf apabila ada yang terlewat.
Tapi saya punya pertanyaan lain,
Antara memompa manual, listrik  dan memerah, lebih cepet mana dan apa untung ruginya ?
Di Indonesia, alias Jakarta, di mana aja yang udah nyediain nursing room termasuk
breastfeeding room nya ? (Soalnya saya cuman tau di Plaza Senayan, ada lagi gak di
mall lain atau di gedung perkantoran)
Ada gak breastfeeding support group di Indonesia, kaya nya ada ya.....dimana dan
gimana cara contactnya ?

Maaf ya banyak nanya :o)

Regards,
Ririen

Mau ikutan sharing juga donk, baby saya usia 2 1/2 bulan, kemarin saya
dapet tugas kantor ke luar kota (3 hari)
Berhubung jadwalnya padat dan tempatnya tidak memungkinkan saya hanya
bisa
Memompa 2 kali sehari yaitu pagi dan malam.
Hari ini saya sudah kembali bekerja seperti biasa, tapi dari hasil 2
kali memompa kok hasilnya berkurang banyak sekali (hampir 1/2 dari
biasa)
Buat para ibu yang sedang/pernah menyusui mohon sharingnya donk, apa
yang harus saya lakukan biar jumlah asi saya bisa kembali normal.

Terima kasih

Reny

Dear Mbak Ririen,

Aku mau sharing pengalamanku.
Alhamdulillah, sampai sekarang Reykaku (8,5bln) masih full asi.
Awalnya aku juga bingung dan khawatir kalau2 aku gak bisa ngasih Reyka asi ekslusif
disaat aku mulai kerja nanti. karena dlm keluarga, belum ada yg memberikan asi
ekslusif.
Tapi aku bertekad ingin mencoba semaksimal mungkin utk memberikan Reyka asi ekslusif
dan suamiku sangat mendukung niatku.
Untungnya waktu aku hamil, aku banyak membaca majalah2 ttg Asi ekslusif yg diperah.
Untuk lebih jelasnya lagi, seminggu sebelum aku mulai bekerja, aku dan ibuku
berkonsultasi ke klinik laktasi di St. carolus.
Disana diajarkan bagaimana cara memerah, menyimpan dan mengawetkan asi serta cara
pemberian asi ke bayi kita.
Aku sengaja mengajak ibuku krn beliau yg akan mengasuh Reyka selama aku bekerja.

Setelah konsultasi, aku mulai memerah asi utk stock Asi Reyka.
Dalam 1 hari aku memerah 4-5x, baik dipagi hari, siang, malam, bahkan tengah malam
sekalipun, karena setauku semakin sering asi keluar maka semakin byk juga produksinya.
Alhamdulillah, ketika aku mulai masuk kerja, asi Reyka ada 30-an botol (dlm wkt 1mg).

Aku memerah asi menggunakan tangan, agar payudara lebih cepat kosong.
Asi perah yg disimpan dlm termos es akan bertahan 1x24jam, asi disimpan di kulkas (bgn
luar) dpt bertahan 2x24jam, sedangkan dlm freezer asi dpt bertahan selama 3 bln.
Apabila asi perah akan diminum, sebelumnya hrs dihangatkan dulu dgn cara memasukkan
botol susu yg berisi asi kedlm wadah yg berisi air panas sampai asi hangat2 kuku, baru
diberikan kpd anak.

Setiap aku kekantor, aku selalu membawa termos yg cukup utk 3btl susu dan diisi es
batu.
Termosnya berukuran kecil, tingginya kurang dari 30cm dan tdk merepotkan.
Dikantor aku memeras asi tiap 3 jam sekali. setelah itu, asi yg aku perah aku simpan
dlm botol/tmpt plastik dan dimasukkan ketermos yg telah berisi es batu, sesampainya
dirumah, asi perah lgs dimasukkan kekulkas.
Jadi dlm sehari aku memeras sbyk 5x, yaitu dipagi hari sblm brangkat kantor, 3x
dikantor, dan 1x dimalam hari.

Tapi, mbak Ririen gak usah kaget, kalo diusia 4 bln nanti, DSA mbak bilang kalo BB
anak mbak kurang, biasanya mereka mulai menyarankan utk memberi makan tambahan.
hal itu juga terjadi pd anakku. Ketika Reyka umur 4bln disaat dia mulai aktif
bergerak, setiap imunisasi DSAnya selalu bilang bahwa BB reyka kurang dan hrs diberi
makan.
Aku coba menjelaskan bahwa aku ingin memberikan asi ekslusif sampai 6 bln, tetapi
DSA-nya bilang kalo tdk dikenalkan makanan tambahan dr umur 4bln, takutnya Reyka gak
mau makan.
Tapi aku gak mau terpengaruh dgn kata2 DSAnya. AKu tetap meneruskan asi ekslusif
hingga 6bln dan baru memberi makanan tambahan setelah itu dan tdk pernah mengalami
kesulitan.

Kenapa hrs dikasih susu formula, kalo asi kita berlimpah??? sayangkan mbak!!!
Asi itu gratis, terjamin kesehatannya, dan bermanfaat utk daya tahan tubuh & otak anak
kita.
kenapa harus buang2 uang byk utk susu formula????
yang harus dijaga sekarang, bagaimana agar produksi asi kita tetap berlimpah ruah,
yaitu dgn mengkonsumsi makanan bergizi, buah, dan minum air putih yg byk.
Pokoknya asal ada kemauan utk itu, pasti asi kita akan tetap byk.
kalo kita mulai malas memerah, asi akan berkurang.
setelah aku msk kantor, teman2ku menjuluki aku "IBU SITUKANG SUSU"

aku cuma ketawa denger nama itu dan bersyukur karena asi, anakku jadi jarang sakit dan
aku dpt menghemat jutaan rupiah krn gak mesti beli susu.

Pokoknya gak usah khawatir koq mbak,
aku berprinsip KALO ORANG LAIN BISA, AKU PASTI BISA,
BEGITU JUGA MBAK RIRIEN PASTI BISA!!!!!!!

eh...jadi kepanjangan. semoga membantu ya mbak.

Lela
Mamanya Reyka

Mbak,

Jangan lupa tiap botol asi perah ditulis hari, tgl, dan jam pemerahan.

Lela

Wah mbak...persoalan kita sama. Kebetulan malah saya udah masuk 1.5
bulan ini (anak saya 3.5 bln saat ini). Maksud hati mau ASI exclusive
apa daya nggak bisa. Sampe saya tanya semua ibu2 di kantor, tapi
jawabannya sama...harus dikasih tambahan formula. Wong saya Cuma bisa
ninggalin 2-3 botol untuk siang hari (malam masih full asi) @ 120 ml,
mana cukup buat si kecil yang butuh 6-7 botol @ 90 ml. Dan mana si
cowok
kecilku ini demen banget minum susu. Sekarang aja lagi cari cara
bagaimana agar asi tidak semakin berkurang. Mungkin ada netters yang
bisa kasih masukkan, saya sudah coba daun katuk, molocco, fitoasi,
lancar asi, daun bangun-bangun, rebusan pepaya muda, rebusan daun
singkong, di massage, tidur cukup.

Saat ini susu formula yang dipake Enfamil A+ yang rasanya tidak terlalu
manis.

Sori nih bukannya bantu malah minta bantuan juga.

>From : Diah Rosdiana

mbak diah sedikit mau nambahin nih... sejak aku mulai kerja putra udah ga mau minum
ASI langsung... mungkin udah kebisaan minum di btl susu... sejak itu pula aku jadi
rajin merah deh baik di rumah maupun di kantor... tapi berhubung engga diminum
langsung lama kelaman produksi ASInya jadi semakin berkurang...tapi setiap hari aku
selalu makan semangkuk sayur daun katuk, tempe, kacang2an. minum CDR, minum molloco
(kalau ada), dan minum Lactamil untuk ibu menyusui.. dan kdg2 makan kacang hijau....
alhamdullilah sih selama ampir 2 bln ini ASIku masih bertahan.. semoga membantu...

FRom : Meita R. Dewi

mbak Ririen,

maya sekarang ini 8 bulan, dan bisa dibilang 75% masih ASI.
saya biasanya memberikan ASI yang sudah saya stock di freezer.
setiap mau dipakai, ASI tersebut direndam di air hangat (jangan
direbus) lalu setelah susunya hangat siap diminumkan.di kantor saya
memompa 2 - 3 kali sehari dan memasukkan susu
tsb ke dalam freezer. pulangnya saya selalu masukkan ke dalam
thermo bag setelah dibungkus dengan kain lap.saya diberi tahu beberapa
orang kalau asi kita tahan 3 bulan di
freezer tetapi saya hanya simpan paling lama 1 minggu saja.

Sebelum berangkat kita susuin dulu lalu pas pulang full asi
lagi....kalau weekend full ASI.selamat memberikan asi walaupun sudah
gawe...

hany
mama maya

Mbak Ririen,

Saya cuma mau sharing pengalaman saya pribadi aja. 2 minggu sebelum
cuti hamil saya habis, saya udah rajin mompa untuk stok. Jadi caranya kalo
bayi saya nyusu di payudara kanan, yang kiri saya pompa. Atau dia lagi
bobo ya saya pompa aja. Dapetnya emang dikit-dikit 50-80. Saya pikir
gak apa-apa yang penting ada persediaan. Trus saya taruh di freezer
kulkas. Jadi begitu saya masuk udah lumayan deh stoknya.
Trus selama di kantor saya pompa 3 kali.Setaip kali pompa dapet
120-140ml.Trus sampe rumah mompa lagi, terus besok pagi pompa lagi. Jadi total
sehari 5 kali pompa. Total jumlahnya kira2 600-700ml.Saya bagi-bagi
dalam botol @ 100 ml. Saya pikir sih cukup deh buat anak saya.

Stok yang dulu-dulu sih udah habis. Soalnya pernah saya tinggal pergi &
saya nggak sempet mompa buat gantiin stok. Oh ya kalo week-end saya
mompa juga, trus dinenenin juga. Ya gitu lagi, kalo kanan dia nenen,
setelahnya yang kiri saya pompa. Ini buat persediaan hari senin.

Saya cuma makan seperti biasa, cuma asupan cairan yang saya banyakin
seperti minum air putih 2 liter + juice. Saya juga masih konsumsi Moloco
B-12.

Terus terang saya masih berjuang buat ngasih ASI Eksklusif sampe 6
bulan. Yuk,mbak Ririen sama2 berjuang yuk! Jangan kasih susu formula dulu
ya. Kita berjuang sampe tetes darah penghabisan hehehehe........

SELAMAT BERJUANG
Yuli

Aduh seneng banget ya kalau bisa mompa terus. Saya pengennya gitu mbak,
tapi si cowok kecilku ini kalau mimik bisa 1/2 jam sekali, jadinya
kanan
kiri selalu habis bis....:) pernah sih tetap coba memompa tapi hasilnya
paling Cuma 10 - 20 ml :(. Dan payudara belum penuh lagi, si baby udah
nangis minta mimik lagi, kaya'nya tuh lapar terus, ya udah deh terpaksa
'ngek jel' aja. Dan itu berlaku siang dan malam. Sore pulang kantor
saya
langsung mimik-in full sampe pagi biar di hisap langsung. Memang kalau
malam agak sedikit nyusu nya, pagi2 langsung mompa. Terpaksa deh
dibantu
formula kalau siang stok nya udah habis :(

Buat mbak Meita trims, saya juga sampe saat ini masih minum prenagen,
cdr, air kacang hijau dll. Pokoknya berjuang terus deh demi asi buat si
kecil ya mbak....