Mama Kevin,
Saya juga punya pengalaman bimbang waktu anak saya yang pertama mau di MMR. Dan saya
kemukakan kebimbangan saya ke DSA-ku. Waktu itu DSA-ku berpendapat, emang MMR masih
terus dilakukan penelitian apakah ada pengaruhnya ke autis, Walaupun imunisasi MMR itu
sendiri sangat diperlukan untuk anak. Makanya DSA menyarankan suntik MMR akan
diberikan kalau anakku udah bisa jalan dan ngomong.  Akhirnya begitu anakku umur 2
tahun, anakku disuntik MMR. Sebelum menyuntik, DSA sempat mengajak anakku berdialog
dulu, untuk meyakinkan bahwa anakku emang udah bisa bersosialisasi.
Ma'af kalau kepanjangan.

Salam,
mami gasha

Widyawati Irada <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Mama Kevin,

kemarin saya sempet ngobrol sama Dr. Hardiono Pusponegoro, waktu beliau
menghadiri PITIKA II IDAI di Batam
Yang saya tangkap dari pembicaraan beliau , imunisasi MMR tetap harus
dilakukan, tapi kalau ragu soal autismenya sebaiknya dilakukan setelah anak
usia 3 tahun. Pada usia ini pasti udah ketahuan anak kita punya
kecenderungan autis atau enggak, ya khan? kalau anak kita udah ketahuan
nggak autis ya langsung aja diimunisasi.

CMIIW ya...

cheers,
Wied-Batam