Dear Moms and Dads,

Saya punya trouble nih.
sudah 1 minggu lebih Yoyo (3 thn) masuk playgroup.
tapi selama ini dia tidak bisa ditinggal di dalam kelas, mamanya harus
ikut menemani.
dan tidak mau bergabung dgn kegiatan di dalam kelas.
kalau guru dan teman2nya menyanyi, dia melukis,
kalau guru dan teman2nya melukis, dia "membaca"
kalau guru dan teman2nya membaca, dia berlari
dst, dst
kecuali bila mamanya ikut berperan seperti ibu guru.

pernah dicoba meninggalkan yoyo didalam kelas bersama guru dan teman2nya,
yang ada malah kelas jadi ricuh karena yoyo menangis dan mengamuk.
efeknya beberapa teman2nya ikut menangis. kacau deh kelas.

Ada pendapat yg bilang, kalau anak terus ditemani di kelas dia tidak akan
mandiri tapi disisi lain bila dia ditinggal di kelas dan mengamuk efeknya
adalah trauma. dilema....................
Saya pernah dengar ada guru yang membiarkan mama si anak menemani di kelas
bahkan sampai 6 bulan dan saya juga pernah dengar guru yg menerapkan bahwa
anak harus ditinggal dikelas. yg mana yg benar ?

buat saya dan istri saya, it's no problem meninggalkan Yoyo menangis di
dalam kelas, tapi apa itu cara terbaik utk dia ?
yang saya hindari hanyalah satu, yaitu trauma.

ada yg punya pengalaman ? sharing donk

thx

papanya yoyo

Kirim email ke