Mbak Susana
Bingung ya Mbak,... sampai posting 2 kali.

Pertama: Harus dicek dulu, kenapa Jill minta digendong terus. Apa karena
kolik? Enggak comfort dengan suhu ruangannya? Laper? Apa bajunya/ pampersnya
basah? Atau sesuatu yang bikin dia enggak comfort.

Kalau ternyata Jill cuman pengen digendong dan didekap, ya,... terpaksa apa
boleh buat, Dulu anak saya sampai usia kurang lebih 4 bulan sebelum tidur
harus diayun-ayun, setelah pules kalau ditidurkan pasti langsung kebangun
dan nangis minta gendong lagi. Jadi setiap tidur saya dekap didada, sambil
sayanya tidur juga, untuk jaga-jaga kanan kiri full diganjel bantal (emang
enggak bisa tidur nyenyak jadinya). Sampai sekarang (usia 9 bulan dengan
bobot 11 kg) kadang-kadang masih suka bobo sambil didekap di dada.

Ngempeng, saya sangat tidak menyarankan empeng. Karena 1. Tidak Higenis, 2.
Membuat anak susah minum susu (karena keinginan menyedotnya sudah terpuaskan
oleh empeng), 3. Kalau sudah jadi kebiasaan, susah menghentikannya.

Kalau setelah digendong apa masih rewel aja? Coba dinyanyikan. Atau cara
gendongnya yang engga nyaman buat Jill. Anak saya mulai umur 1 bulan udah
digendong berdiri, enggak mau sambil tiduran lagi.

Kemudian, pernah anak saya nangis sambil teriak-teriak. Saya tanyakan ke
orang pintar, katanya ada yang ngikutin dari rumah sakit. Dikasih air untuk
diminum, dan merica untuk ditaruh dibantal. Belive it or not,... it works!
Jadi bisa dicoba juga.

Akhir kata,... ada beberapa bayi yang terlahir untuk jadi "bayi sulit", jadi
tantangan buat kita orang tua untuk bersabar dan bijak menyikapinya.

Salam,
Melisa