Mbak Susi,
saya sharing saya, Untuk pijat bayi kebetulan saya lakukan kepada anak saya
sejak dia puput puser (kurang lebih usia 3 minggu), panduannya saya pake dari
buku pijat bayi yang saya beli di gramedia (judul bukunya lupa). kalau saya sich
merasakan manfaatnya buat si kecil, anak saya perutnya jadi jarang kembung,
minumnya juga banyak , perkembangan motoriknyanya baik kasar maupun halus juga
terlihat  optimal. mungkin karena pijat itu melancarkan peredaran darah yach.
untuk gerak-gerakannya memang macam-macam dari gerakan I Love You, bulan
matahari, perahan sapi, ikut saja panduan di buku tersebut. Pengalaman saya Yang
penting saat pijat, bayi harus dalam keadaan senang , jangan dipaksa kalo dia
tidak mau dipijat, jadi tidak menimbulkan trauma. sampe sekarang saat usia anak
saya 7 bulan , dia masih saya pijat , apa lagi kalo dia baru saya ajak
bepergian, meskipun memang sudah lebih susah karena dia sudah suka muter-muter,
bolak-balikin badanya saat di pijat.   tapi seneng lho , acara pijat khan bisa
jadi acara untuk lebih mendekatkan kita  sama si kecil, pake acara bercanda,
ketawa-ketawa . makanya BS saya tidak pernah saya ajarkan dan tidak saya
bolehkan memijat anak saya.

salam

Tuti

|--------+----------------------->
|        |          "MSmail"     |
|        |          <[EMAIL PROTECTED]|
|        |          .net.id>     |
|        |                       |
|        |          08/27/2004   |
|        |          03:21 PM     |
|        |          Please       |
|        |          respond to   |
|        |          balita-anda  |
|        |                       |
|--------+----------------------->
  >--------------------------------------------------------|
  |                                                        |
  |       To:     [EMAIL PROTECTED]              |
  |       cc:     (bcc: Erna Widiastuty/BSFM)              |
  |       Subject:     [balita-anda] pijat baby            |

dear moms & dads,

ada yang punya pengalaman cara pijat baby gak yah? atau mungkin punya
artikel dan gambarnya?
saya pernah lihat di rumah sakit ada metode2nya seperti gerakan membuat
kata I LOVE U.

Thanks sebelumnya,
Salam,
Susy