Buat sekedar baca-baca :

Suami SetiaPublikasi: 30/09/2004 08:10 WIB
eramuslim - Suatu hari seorang nenek datang menemui Rasulullah SAW seraya
bertanya "siapakah Anda wahai nenek?" Aku adalah Jutsamah al Muzaniah",
jawab wanita tua itu. Rasulullah SAW pun berkata : "Wahai nenek,
sesungguhnya aku mengenalmu, engkau adalah wanita yang baik hati, bagaimana
kabarmu dan keluargamu, bagaimana pula keadaanmu sekarang setelah kita
berpisah sekian lama?". Nenek itu menjawab : "Alhamdulillah kami dalam
keadaan baik, terimakasih Rasulullah."

Tak lama setelah nenek pergi meninggalkan Rasulullah SAW, muncullah Aisyah
ra, seraya berkata : "Wahai Rasulullah SAW seperti inikah engkau menyambut
dan memuliakan seorang wanita tua?" Rasulullah menimpali, "Iya dahulu nenek
itu selalu mengunjungi kami ketika Khadijah masih hidup. Sesungguhnya
melestarikan persahabatan adalah bagian dari iman."

Karena kejadian itu Aisyah mengatakan : "Tak seorangpun dari istri-istri
nabi yang aku cemburui lebih dalam selain Khadijah, meskipun aku belum
pernah melihatnya, namun Rasulullah SAW seringkali menyebutnya. Suatu kali
beliau menyembelih kambing lalu memotong-motong dagingnya dan membagikan
kepada sahabat-sahabat karib Khadijah".

Rasulullah SAW menanggapinya dan berkata : "Wahai Aisyah begitulah
realitanya sesungguhnya darinya aku memperoleh anak". Dalam kesempatan lain
Aisyah berkata : "Aku sangat cemburu dengan Khadijah karena sering disebut
Rasulullah SAW, sampai-sampai aku berkata "Wahai rasulullah SAW apa yang kau
perbuat dengan wanita tua yang pipinya kemerah-merahan itu sementara Allah
SWT telah menggantikannya dengan wanita yang lebih baik?" Rasulullah SAW
menjawab : "Demi Allah SWT tak seorang wanita pun lebih baik darinya, ia
beriman saat semua orang kufur, ia membenarkanku saat manusia mendustaiku,
ia melindungiku saat manusia kejam menganiayaku, Allah SWT menganugerahkan
anak kepadaku darinya."

Itulah sepenggal kisah tentang kesetiaan hakiki, bukan kesetiaan semu.
Kesetiaan imani, bukan materi. Kesetiaan yang dilandaskan rasa cinta kepada
Allah SWT, bukan cinta nafsu syaithoni, kesetiaan suami kepada istri yang
telah lama mengarungi rumah tangga dalam segala suka dan duka.

Kecantikan Aisyah ternyata tidak begitu saja memperdayakan Rasulullah SAW
untuk melupakan jasa baik dan pengorbanan Khadijah, betapapun usianya yang
lebih tua. Kesetiaan inilah yang membuat cendikiawan muslim Nahzmi luqo
mengatakan : "Ternyata kecemburuan Aisyah tidak mampu melunturkan kesetiaan
Nabi kepada Khadijah, kesetiaan yang diteladani para pasangan suami istri,
sekaligus sebagai pukulan KO (Knock Out) untuk para pecundang kehidupan
rumah tangga yang menjadi faktor penghambat terwujudnya masyarakat
berperadaban.

Kesetiaan... kesetiaan... sekali lagi kesetiaan merupakan sifat dan karakter
setiap mukmin sejati. Bukan kesetiaan duniawi , tetapi kesetiaan ukhrowi.
Kesetiaan khas dengan nilai-nilai Ilahi : "Sesungguhnya Allah membeli dari
orang-orang beriman diri dan harta mereka dengan mahligai surga, mereka
berperang di jalan Allah, mereka pun terbunuh atau membunuh. Adalah janji
sejati atasNya di dalam kitab Taurat, Injil dan Al-Qur'an, siapakah yang
lebih setia dari Allah SWT akan janjiNya. Bergembiralah dengan baiat (sumpah
setia) yang kalian ikrarkan, itulah keberuntungan yang besar." (At Taubah:
111)