  From: Merry Kolondang
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Friday, October 01, 2004 4:23 AM
  Subject: Re: [balita-anda] Darah samar pada faeces

  Mbak,

  Mengenai darah samar, sepengetahuan saya ada 2 macam darah dalam test tinja rutin.
  1. darah
  2. darah samar

  Definisi dari kategori 1. darah itu adalah darah yang bisa keliatan langsung oleh
mata, jadi dari pup anak mbak langsung bisa keliatan bahwa ada darah. Biasanya kalo
ada darah, penyebabnya bisa karena amuba, bakteri ato juga pupnya sangat keras,
sehingga melukai kulit di sekitar anus.

  Kalo definisi dari kategori 2. darah samar adalah darah yang tidak kasat mata, jadi
hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Biasanya sih mba, penyebabnya bisa karena
pantatnya si anak lecet karena keseringan pup, sering dilap & dibersihkan, jadi ada
yang lecet.

  Kebetulan anak saya waktu itu juga sempat 5 hari diare dengan frekwensi 5-7kali/hari
dan pas dites tinja rutin ternyata hasil semua bagus kecuali darah samar positif.
Kebetulan karena anak saya masih mau makan/minum normal, saya tidak memberikan obat
apa2 dan menurut dsa darah samar itu bukan sesuatu yang mengkhawatirkan ... kuncinya
adalah observasi anak .... kalo dia masi sehat, pecicilan, berarti no problem.
  Memang kan diare perlu waktu untuk membaik kadang2 bisa sampai 10 hari. Yang paling
penting diperhatikan adalah jangan sampai anak dehidrasi.

  Hasil lab si kecil gimana mbak bagus ? Kalo semua bagus berarti cuma diare biasa
karena virus (yang memang tidak ada obatnya hanya waktu).
  Kalo seandainya positif ada amuba/bakteri baru dikasi flagyl, kalo tidak jangan
mbak.

  Kalo seandainya frekwensi babnya sekarang cuma 2x/hari keliatannya si kecil sudah
normal ya mbak.
  Definisi diare kan lebih dari 6x/hari.

  Mudah2an berkenan.

  Kind Regards,