hai mbak nina ..

kebetulan saya juga pasiennya dr otamar, beliau praktek di mmc setiap senin sd jum'at dari pagi ampe sore ...no. telpon mmc : 021-5203435

semoga membantu ...
niken

Rivina Farouk Mahri wrote:

Mba wido terima kasih sebelumnya. Sebelumnya saya ingin ada lagi yang ditanyakan
bagaimana mengenai suntikan kita untuk pematangan paru-paru bayi. Dari beberapa teman2
kita di mailist ini yang mengalami mereka diberi suntikan tersebut, tp anehnya saya
tidak. Saya melahirkan dirumah sakit terkenal dan besar, anehnya dokter saya bisa
sampai lengah tepatnya dia tidak begitu teliti.
Mba, apa boleh saya tau Dr. Otamar praktek dimana, sepertinya saya pernah mendengar.
Dan saya ingin mengetahui resiko terkenanya pre eklampsia yang kedua, apakah
kemungkinan kenanya begitu besar persentasenya? atau ada kemungkinan tidak kena.
Waduh mba, banyak pertanyaannya. Makasih sebelumnya yah.

Nina & Fam.

Widowati Wahab <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Dear all,

Ini jawaban dari dr. Otamar Samsudin, DSOG saya. Saya forward ke belio email dari ibu
Nina ttg Pre-Eklampsia.

Mudah2an membantu,
salam,
::wido::

----- Original Message ----- From: Otamar Samsudin To: Widowati Wahab Sent: Tuesday, October 26, 2004 12:57 AM
Subject: Re: Fw: [balita-anda] Pre-Eklampsia

To ibu Widowati Wahab wrote: ditujukan Kepada ibu Nina yang mana keterangan ini mungkin dapat membantu ibu.

Bila ibu ingin hamil lagi jangan takut, ibu dapat hamil lagi kira2 3 bulan sesudah
seksio sesarea tapi ada syaratnya yaitu kelahirannya harus dengan cara seksio sesarea
lagi, tapi bila ibu ingin mencoba melahirkan secara normal maka kehamilan berikutnya
paling tidak 1 atau 2 tahun setelah kelahiran dengan cara seksio sesarea.

Mengenai masalah preeklampsi dan eklampsi, bisa saja itu timbul kembali. Penyebab
preeklampsi itu sendiri sampai saat ini belum diketahui. Preeklampsi dapat timbul pada
saat kehamilan ( tri II, atau III ) , saat melahirkan , bahkan saat setelah
melahirkan. Preeklampsi ditandai dengan kenaikan tekanan darah, edema ( bengkak ) dan
adanya protein di urin. Berbagai cara diusahakan untuk mendeteksi sedini mungkin
kemungkinan timbulnya Preeklampsi. Belakangan ini kondisi yang dapat berkaitan dengan
timbulnya preeklampsi adalah adanya Anti Phospolipid Syndrome, Kenaikan D-dimer dan
faktor lain kekentalan darah, yang mana dapat diperiksa pada masa kehamilan.

Semua yang ibu sebut diatas seperti bawang putih, ketimun dan belimbing dipakai secara
tradisional untuk mengatasi hipertensi, sedangkan mekanisme terjadinya preeklampsi
belum jelas

Yang penting dari semua itu adalah Kontrol kehamilan yang teratur, dimana tujuan
kontrol itu adalah untuk mendeteksi sedini mungkin kelainan yang akan timbul dan dapat
melakukan penanganan sedini mungkin. Jadi jangan takut untuk hamil lagi ibu.

Mengenai dokter kandungan, seharusnya semua bisa menangani kasus seperti itu, ibu
tinggal didaerah mana? dan untuk bersalin sebaiknya dilakukan dirumah sakit yang
besar, yang lengkap fasilitasnya, bukan di RB atau rumah sakit bersalin.

Mudah-mudahan keterangan ini dapat membantu ibu

tttt

--------------------------------- Find local movie times and trailers on Yahoo! Movies.

Kirim email ke