intinya jangan panik !
kalo panik :
air susunya sedikit
anaknya merasakan hal yang sama,gelisah , jadi semakin rewel
ditambah lagi si ibu jadi bingung,tidak sabar menghadapinya, stress,
bingung, jika yg dihadapinya orang2 yang secara tidak sadar memaksa dirinya
, kasihan bayinya...
lalu jadi semakin sulit berfikir untuk cari solusinya
jadi, pertama yakin, karena banyak orang lain yg memiliki puting rata,
banyak ibu yg tidak mampu membeli susu,atau masalah yang lainnya, tapi
ternyata anaknya baik2 aja.
yakin bahwa kita dapat mengatasinya, bayi menangis adalah proses, jadi
jangan terburu2 ingin membantu namun menimbulkan masalah baru.
bayi akan beradaptasi dengan cepat, dan bayi pasti akan membutuhkan asi
walau apapun kondisi ibunya.
artinya jangan takut bayi itu kelaparan, atau takut kekurangan, bayi
memiliki insting yang kuat untuk kepentingan dirinya.
tetaplah menggunakan asi, sabar saja , itu bagian dari proses adaptasi.
semakin sering disusui, semakin cepat putingnya keluar, dan semakin banyak
juga air susunya.
hadapi dengan tenang dan alirkan perasaan damai ke bayi melalui menyusui dan
belaian lembut, untuk meredakan tangisan dan kegelisahan si bayi
Insya Allah akan berhasil jika kita sabar.