Wa....kejadian ini sama persis menimpa aku waktu baru ngelahirin anak
pertama. Waktu hamil saya tidak tahu kalau bentuk seperti itu dianggap rata,
jadi selama hamil tidak pernah menarik2 putting saya. Saya juga seperti
iparnya mbak Astrid, keukeuh pengen ngasih ASI walau dimarahin sama dokter,
suami dan ortu. Untung mendapat semangat dari mbakku yang selalu menekankan
bahwa semua ibu pasti bisa ngasih ASI selama kita niat. Beberapa tindakan
saya waktu itu:
1. Konsultasi ke klinik laktasi Carolus, dan seperti sodaranya mba Desy saya
diajarin untuk menarik putting pakai alat suntik....tapi sakitnya....bener2
bikin nangis dan hasilnya ga instan. Artinya ga cukup kita menggunakan alat
itu sekali dan langsung sukses. Menurut info, malah ada beberapa ibu yang
mencoba mengikat putingnya dengan karet terlebih dahulu sampai putingnya
keluar, baru setelah keluar dan dibersihkan dicobakan lagi ke
bayinya.....ini juga saya coba dan, sakiiiit.
2. Ikut seminar mengenai pemberian ASI, sebenarnya isi seminar tersebut sama
saja dengan yang kita baca di buku-buku. Yang bikin saya waktu itu
confidence adalah, dari sekitar 80 peserta, waktu pembicara memberi
kesempatan bertanya, hampir 100% ibu2 mengangkat tangan ingin bertanya. Dan
dari pertanyaan2 tersebut saya jadi merasa tidak sendiri, semua ibu muda
ternyata mengalami masalah dalam pemberian ASI, sekarang tinggal bagaimana
usaha dan strategi kita untuk memecahkan masalah tersebut.
3. jika mau memberikan ASI, coba dikeluarkan dulu sebagian ASInya, supaya
payudara tidak terlalu kencang. Jika payudara terlalu kencang, maka akan
lebih susah untuk diminumkan daripada payudara yang sudah lemas (sudah
kosong)
4. ibu dan bayi sama2 tidak boleh stres,
5. kalau belum sukses, untuk sementara bayi disendokkan asi kita yang sudah
dikeluarkan, tapi jangan menggunakan dot....karena dot jauh lebih mudah
daripada nenen payudara yang tenggelam...bayinya nanti makin gak bisa nenen
6. ajak ngobrol bayinya, ingatkan sama bayi bahwa nenen memang proses
belajar. Seumur hidup manusia itu harus belajar, dimulai dari lahirpun bayi
sudah harus belajar...belajar bernafas, belajar minum, dll. Beri semangat
untuk tidak menyerah.
7. jangan lupa berdoa dulu sebelum memberikan asi......meminta kepada yang
diatas kemudahan
Alhamdulillah setelah 2 minggu, akhirnya bayiku mau nenen langsung dari
payudaraku dan lumayan aku bisa ngasih ASI sampai anakku berumur 20 bulan.
Kerja keras dan stressnya sudah melebihi kerjaan kantor deh:) tapi harganya
gak ternilai
Mudah-mudahan membantu, dan kalau mbak Astrid sempet tolong kasih semangat
juga ya, soalnya dukungan orang sekitar itu sangat membantu kita mengurangi
stres, dan sangat memotifasi.

Good luck!!

indri