Moms & Dads,

kalo kita aqiqah 3 kambing ( untuk 1 anak laki2 + 1 anak perempuan )
boleh ga ya kalo ditukar ama sapi ? soalnya banyak orang yang ga bisa
makan kambing dengan bermacam2 alasan.

Maaf loh pertanyaannya aga' aneh ...
abis, aku bener2 ga tau.

Thanks B4

----- Forwarded by Ika Dwi Susanti/Jakarta/Saka on 11/11/2004 10:21 AM
-----

"intan dima" <[EMAIL PROTECTED]>
11/11/2004 09:27 AM
Please respond to

<[EMAIL PROTECTED]>
cc

Subject
Re: [balita-anda] Aqiqah (Bayar Fidyah)

Hukum melaksanakan aqiqah untuk anak yang baru dilahirkan adalah sunat dan
sangat dianjurkan di dalam Islam. Pendapat yang sedemikian adalah pendapat
mam-imam dan ahli fiqh. Oleh karena itu, silahkan melaksanakannya jika ada
kemampuan untuk menghidupkan sunnah Rasulullah s.a.w ini. Sehingga ia juga
akan menerima keutamaan dan pahala di sisi Allah s.w.t.

Dalam menentukan waktu yang terbaik untuk seseorang itu melaksanakan
aqiqah,
ada Imam yg menyatakan bahwa penyembelihan aqiqah dilaksanakan pada hari
ketujuh, jika tidak dapat maka pada hari keempat belas, jika tidak dapat
juga maka lakukanlah pada hari kedua puluh satu. Adapun jika pada
hari-hari
tersebut tidak dapat dilaksanakan kerana tidak berkemampuan, maka
penyembelihan boleh dilakukan pada hari-hari lain yang memungkinkannya
melaksanakan aqiqah tersebut (sampai dewasa juga boleh kok pak)

Mereka yang paling layak menerima sedekah adalah orang fakir dan miskin
dari
kalangan umat Islam, begitu juga dengan aqiqah, mereka yang paling layak
menerima adalah orang miskin dikalangan umat Islam. Walaubagaimanapun
berdasarkan beberapa buah hadis dan amalan Rasulullah dan sahabat kita
disunatkan juga memakan sebagian daging tersebut, bersedekah sebahagian
dan
menghadiahkan sebagian lagi.

kalau waktu saya meng-akikahkan putri saya, saya hanya selamatan saja
(mengundang keluarga dekat), kambing saya pesan di orang yg memang bisa
mengurus kakming akekah.... kita minta saja sekaligus, setelah kambing
disembelih, tolong langsung dibuatkan sop kambing dan sate kambing.... o
ya,
pada saat penyembelihan kambing, usahakan bapak ikut melihatnya...biar
lebih
afdol hehehehe

setelah itu, sekitar 25 persen dari sate dan sop minta dibawa ke rumah
bapak
untuk dimakan oleh keluarga saya, sisanya, saya minta dikirim ke yayasan
yatim piatu.... ngirimnya sekitar jam2 anak2 yatim piatu makan siang....
biar pasti gak mubazir....

itu saja pak sharing saya.....