Mbak Winda,

kalau yang sakit gusinya mungkinkah geraham bungsu mbak akan tumbuh? atau
memang sakit gusi karena gingivitis/periodontitis. Kalau karena gingivitis,
problemnya sama dengan saya...untuk home treatmennya :

1. sikan gigi sementara ini jangan pake pasta gigi tapi pakailah garam meja
yang dioleskan sedikit ke permukaan bulu sikat. Sikat secara merata dan pelan,
pilih sikat gigi dengan permukaan lembut. Setelah sikat gigi jangan berkumur.
2. Minimal 3 kali sehari berkumur dengan air garam hangat
3. Rajin floshing
4. Ganti sikat gigi setiap 1 bulan sekali.

Mengenai sikat gigi dengan garam ini tadinya saya ketawa nggak percaya. Teman
saya yang di US yang punya problem saya mendapatkan tips ini dari dentist dia.
Tapi akhirnya saya terapkan dan manjur. Ajaibnya lagi karena sifat garam maka
bau mulut pun banyak berkurang bahkan lebih bersih dan kesat dibandingkan pake
pasta gigi
biasa.

Semoga cepat sembuh,
Dewi