Aku juga pernah ngalamin hal yang sama..... kira-kira tahun lalu....
pembantuku orang dari lampung juga umurnya (ngakunya) 16 th padahal
setelah diperiksa KTPnya ternyata 18 th  :(

Ceritanya waktu abis operasi usus buntu pas pulang kerumah, Tarmi - nama
pembantuku itu - sudah ada dirumah ibuku mau kerja sama aku untuk ngasuh
Sarah (waktu itu baru umur 1 th 4 bln). karena kondisiku masih lemah dan
memang lagi butuh banget, akhirnya aku terima. itupun karena kakak si
tarmi udah 2 th kerja sama kakak sepupuku jadi aku terima aja.

Ternyata baru seminggu kerja dia udah ketauan nyuri uang dari dompetku
sebesar Rp. 380.000,- (itu juga ketahuannya karena no. uangnya berseri)
trus dia nangis2x bilang nyesel karena khilaf ga pernah liat uang sebanyak
itu.

Akhirnya, lagi-lagi karena kondisiku yang masih lemah sehabis operasi yang
bikin aku masih nerima dia untuk tetap ngasuh Sarah.

Tiga bulan berjalan si tarmi ini udah lumayan kerjanya dan lagi
keliatannya dia sayang banget ama Sarah. tapi aku sempet heran, Sarah itu
makannya banyak tapi kok malah tambah kurus (soalnya aku yang nakarin
makannya) dan lagi dia sering sariawan sampe gusinya berdarah-darah.
ternyata penyebabnya adalah si tarmi ini kalo Sarah ga mau gosok gigi,
sikat giginya itu disogrok-sogrok terus kemulutnya sampe
berdarah-berdarah. trus kalo Sarah ga mau makan, ya dia yg abisin
makanannya sambil kepala anakku digetok atau pipinya dicubit (tetangga-ku
yang bilang).

Puncaknya waktu itu pipi Sarah bengkak lebam kebiru-biruan, pas aku tanya
kata si tarmi digigit ama anak tetangga.

ternyata, pas aku tanya ke anak tetangga tsb dia bilang dicubit ama mba
tarmi kok tante... astagfirullah..... pantesan anakku kalo kutinggal kerja
nangisnya kejer banget, trus kalo aku pulang juga ga mo lepas dari
gendonganku... ternyata dia takut ama tarmi cuman belom bisa ngomong
aja....

kurang ajarnya lagi, si tarmi suka ngadu ke tetangga2xku kalo dia jarang
dikasih makan trus suka bilang juga katanya kalo ada anak tetangga main ke
rumah suka diusir-usir.....

Tanpa ba-bi-bu langsung aku usir dia dari rumah sambil aku ancem untuk
laporin kepolisi. akhirnya dia dijemput ama kakaknya yang kerja ditempat
kakak sepupuku.

Sampe sekarang aku trauma untuk punya pengasuh Sarah lagi terutama kalo
orangnya dari lampung.......

Jadi sekarang Sarah diasuh ama Neneknya aja deh... pagi aku drop dan malem
aku jemput....

Maaf ya malah curhat.......

Lala Nurlilawati
PT Thames Pam Jaya / Perkantoran Pulomas Satu Gedung I Lt. 2, Jl. A. Yani No.
2, Jakarta Timur
13210 / Tel : (021) 47867941 Ext. 2304 / Fax : (021) 47867943 / mailto:[EMAIL
PROTECTED]

Tere Magenta <[EMAIL PROTECTED]>
12/17/2004 06:09 AM
Please respond to balita-anda