Mbak Ira,
bener apa yang dibilang mbak Desi
jangan "mind set" kalau ASI sedikit

pengalaman saya berhasil menyusui Aqil (skr 20 bulan lebih) s/d 5 bulan
secara EKSKLUSIf, dan tetep menyusui s/d dia berusia 18 bulan, itupun saya
stop karena saya sudah hamil anak kedua.

saya adalah ibu bekerja sekaligus masih kuliah sepulang kerja, jadi setelah
cuti 3 bulan (waktu itu Aqil baru berusia 2 bulan setengah) saya harus rela
meninggalkan sikecil dari jam 7 pagi s/d jam 6 sore, bahkan jam 9 malam
kalau saya kuliah.

alhamdulilah dengan tekad yang kuat dan kerja keras tiada henti, saya
berhasil melakukannya (memberi ASI eksklusif )
Semua itu memang tidak mudah, 2 minggu pertama payudara saya bengkak, dan
ASI masih sedikit keluar nya, tapi alhamdulilah suami dan ibu mertua yang
waktu itu nungguin saya dengan gigih pula mensupport saya dan terus
mengajari cara cara menyusui , masuk minggu ke 3 alhamdulilah berangsur
angsur ASI saya lancar dan sikecil semakin lahap dengan ASI nya.

Itu mendukung itu semua, tiap hari saya mengkonsumsi makanan yang bergizi ,
banyak sayuran berkuah, minum susu dan rajin message payudara.
Mendekati saya masuk kerja, saya mulai memompa ASI (alhamdulilah saya bisa
dengan tangan). Semakin si kecil minum ASI saya dan di waktu waktu tertentu
saya pompa, ASI saya semakin banyak, pernah sekali memompa saya mendapat 500
ml bahkan lebih.
Setelah saya kembali masuk kerja, saya biasakan memompa 2 kali sekali dan 3
kali (kalau saya kuliah)
Alhamdulilah itu semua bisa mencukupi kebutuhan ASI putra saya ketika saya
tinggal bekerja.

Nah, skr ini kan Sarah masih 3 minggu jadi gunakan lha sebaik baik nya untuk
memberikan ASI secara eksklusif, apalagi mbak juga tentunya masih cuti
bekerja kan, jadi full 24 jam di rumah.
Nanti nyesel lho mbak.

wah, kepanjangan nih
moga moga membantu ya