Mba Violetta,
sepertinya saran dsanya ada benarnya.
Bayi sampai muntah itu bisa jadi dikarenakan susunya terlalu berlebih atau
belum disendawakan selesai minum.

Mungkin juga bayi mba rewel karena pingin susu terus, tapi bisa diantisipasi
dgn memberikan sedikit air putih, karena susu membuat perutnya cepat kenyang
dan penuh shg menjadi muntah.

Takaran susu tetap sesuai yg disarankan dsa, bila bayi masih rewel, coba
berikan air putih, agar tidak muntah.
FYI bayi rewel dan tidak bisa tidur banyak penyebabnya, bukan hanya haus/lapar
minta susu. Biasanya bayi rewel karena merasa tidak nyaman, apakah udara panas
? dingin ? bagaimana dengan ventilasi udara di kamarnya ? apakah pipis ? pup ?
bajunya cukup
nyaman ? berisik ? atau hanya sekedar ingin dipeluk dan digendong mamanya agar
dia merasa aman. Bisa juga ditenangkan dengan berikan musik klasik yang
menenangkan, dinyanyikan, atau sekedar ingin ngempeng, mba bisa juga memasukkan
jari kelingking ke
mulutnya (jari harus dlm keadaan steril).

Semoga membantu.

                      yasmin violetta

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:
balita-anda@balita-anda.com
                      com>                     cc:       (bcc: Nyoman
RAHAYU/IDJKT04/TDE/AREVA-TD)
                                               Subject:  [balita-anda] help,
soal susu
                      12/29/04 08:53 AM

                      Please respond to

                      balita-anda

halo semua..saya baru melahirkan anak pertama tiga minggu lalu. karena asi yang
 tidak banyak keluar dan anak saya sempat terkena kuning (sehingga harus banyak
minum), saya memberikan juga susu formula. sesuai dengan takaran di kaleng,
untuk tiga minggu
saya memberikan 120 ml sebanyak enam kali pemberian. ada kalanya kurang dari
enam kali, kalau saya bisa memberikan ASI.

masalahnya, sejak seminggu terakhir ini anak saya sering muntah. bahkan pernah
susunya keluar dari hidung (hiks). kata DSA-nya, saya memberikan terlalu banyak
susu. ia menyarankan pemberian tiap tiga jam dengan dosis setiap jamnya hanya
30 ml, sebanyak
enam kali.

saran itu sudah saya coba lakukan, tapi yang terjadi, anak saya sering rewel
dan tidak tidur. mungkin karena susunya kurang. sementara untuk menambah
frekuensi pemberian menjadi lebih dari enam kali saya agak ragu juga. dokter
bilang jangan terlalu sering
memberikan susu karena akan membuat ususnya terlalu sering bekerja. duh jadi
bingung....

plis buat semua yang lebih berpengalaman, apakah bisa bantu share untuk masalah
saya ini?

terima kasih banyak..

mamanya violet

 Yahoo! Mail - Easier than ever with enhanced search. Learn more.