mbak ratna....

baru sekitar 2 minggu lalu anak saya mengalamai hal yang sama, panas tinggi
selama 4 hari. setelah panas turun, baru keluar bintik2 merah sekujur
badan....
setelah aku observe (dibantu ama beberapa temen yg jago nanganin common
problem pada bayi) kemungkinan besar anakku hanya kena roseola, bukan
campak...
yg aku ingat, CMIIW, beda roseola dan campak yg gampang:

roseola : ruam merah di badan timbul setelah panas 4 - 5 hari
             ruamnya cenderung kecil2
campak/tampek:
            : ruam merah timbul pada hari ke 2-3 (saat badan masih panas)
             ruamnya besar2 dan kadang terlihat kasar

mbak, saya pikir, silahkan ke dokter jika hanya untuk memastikan bahwa daffa
kena roseola atau penyakit ringan lainnya.... DAN WASPADA.... jangan tergoda
oleh iming2 obat2 yg diresepkan dokter sebelum mbak yakin bener apa
kandungan obat2 tersebut.... apa benar diperlukan? pengalaman saya, masih
banyak sekali dokter yg asal jual obat dan asal nyembuhin penyakit aja tanpa
merhatiin efek jangka panjang pada kesehatan anak kita.....

atau bisajuga mbak observasi aja sampai besok atau lusa.... kalau memang
tidak ada perubahan behavior daffa (tetap lincah), insya Allah memang
nothing to worry.... gak perlu ke dokter lagi....

waktu saya yakin anak saya kena roseola, saya tetap mandikan anak saya dan
sore tetep saya ajak jalan2 keluar (melanggar "aturan" tidak boleh mandi dan
tidak boleh kena angin).... dan syukurlah tidak ada pengaruhnya ke anak
saya.... memang kenapa nggak boleh mandi ya? nanti kalo gak dimandikan
bukannya sembuh malah nambah penyakit kulit.... mohon inputnya.....

sekian, semoga membantu ya mbak ratna....