Saya coba sharing sedikit.
Kalo anak ibu diare gara2 makan buah2an seperti apel, jeruk dll...menurut saya
ya jangan diberikan...berikan buah yang dapat dicerna (diterima) pencernaannya.
Menurut DSA anak saya, yang aman kasih pisang or alpukat. Bagus untuk bayi mulai
umur 4 bulan keatas. Jeruk belum boleh, tunggu sampai 9 bulan.  Tapi ya
pedomannya : berikan makanan yang bisa dicerna anak..kemampuan setiap anak
beda2...kalo dia diare karena makan sesuatu berarti percernaan anak tsb belum
bisa mencernanya, meskipun anak lain seusianya sudah tidak bermasalah lagi.
Kalau untuk agar2 (puding susu) perlu memerhatikan apakah sudah tumbuh
gigi?apakah anak tsb sudah dapat menguyah?jangan sampai tersedak gara2 ada
potongan puding yang tampaknya lunak tapi cukup mengganjal bila tertelan.  Apa
tidak lebih baik memberi makanan selingan biskuit bayi untuk dia
pegang/kunyah2...untuk merangsang pertumbuhan gigi?
Bubur saring bisa mulai diberikan mulai umur 6 bulan.  Pemberian ikan harus
memerhatikan apakah ada riwayat alergi didalam keluarga.  Amannya ikan diberikan
diusia 9 bulan.  Sayuran yang biasa diberikan (untuk campuran tim saring :
bayam, wortel,buncis,brokoli....apa lagi ya?)
Demikian sharingnya....maaf kalau tidak membantu

Salam

|--------+----------------------->
|        |          "yuliana"    |
|        |          <[EMAIL PROTECTED]|
|        |          iao.co.id>   |
|        |                       |
|        |          01/25/2005   |
|        |          11:45 AM     |
|        |          Please       |
|        |          respond to   |
|        |          balita-anda  |
|        |                       |
|--------+----------------------->
  >--------------------------------------------------------|
  |                                                        |
  |       To:     balita-anda@balita-anda.com              |
  |       cc:     (bcc: Yenny Chandra/BSFM)                |
  |       Subject:     RE: [balita-anda] Agar-agar untuk   |
  |       baby                                             |
  >--------------------------------------------------------|

Mom's mau nanya nih...
Zahra napsu makannya bagus banget sehari dia bisa maem bubur milna
khusus itu sampai 4-5 kali. Kadang pagi dia maem minta tambah. Aku
memang tidak pernah kasih dia banyak paling 3 sendok makan bayi. Sebab
Zahra dari bayi dah gampang muntah jadi harus disiasati dikit-dikit tapi
sering. Tapi meski maemnya banyak badannya gak gemuk mungkin memang dah
bawaan or memang anaknya aktif banget or dia meles mimic susu formula
tapi kalau ASI dia doyan2 aja kok sayangsaya hanya bisa kasih malam
aja.Dulu dia saya beri ikan ya sea food (kepiting, udang dll) or ayam
dan telur. Tapi setelah diare saya tidak berani kasih ikan dulu jadi dia
Cuma bubur melulu kasihan juga. Rencananya dia mau saya buatkan
agar-agar biar ada selingan. Yang ingin saya tannyakan :
1. Boleh tidak sih agar - agar diberikan ke baby 7 bulan?
2. Kalau boleh bagaimana mengolahnya ?
3. seberapa banyak boleh diberikan dalam 1 hari?

Saya juga berencana kasih dia bubur saring,

4. Usia berapa ya bubur saring boleh diberikan ?
5. Bubur saring boleh kan dicampur dengan sayur dan ikan?
6. Untuk baby 7 bulan pemberian sayur dibatasi ndak ya?

Lalu bagaimana dengan buah? Zahra pernah saya coba beberapa buah yaitu
apel merah dikerok, jerus manis diperas, pisang dan rambutan. Untuk
percobaan saya Cuma kasih 1 sendok makan. Efeknya hamper semua buah itu
buat dia diare kecuali pisang. Padahal dsanya menyarankan Zahra diberi
buah-buahan. Waktu saya bilang sudah saya coba dan dia diare dsanya
malah bilang lho diberi aja jangan malah tidak. Bagiamana ya sebaiknya ?
apa saya harus teruskan kasih buah padahal sudah jelas tiap saya beri
jeruk baby, apel selalu diare. Lalu buah apa lagi yang aman untuk baby ?
saya jadi bingung nih.

Maaf pertanyaannya borongan.

Regards

MamanyaZahra