Hi mas Tyo dan mbak Delilah,

he.he.. mungkin 'key word' nya bukan pada reaksi ada benjolan/scar setelah
vaksinasi BCG, tapi 'cepatnya' reaksi terhadap vaksinasi itu terjadi (dalam
hitungan beberapa hari).

Setelah DSA memberikan vaksinasi BCG pada anak, umumnya plus comment semacam,
'nanti sekitar 2-6 minggu mungkin akan muncul benjolan/luka yang menunjukkan
vaksinasinya berhasil...'.  Bahkan mungkin lebih dari 6 minggu tsb. scar baru
muncul.... atau nggak muncul sama sekali.

Reaksi cepat terhadap vaksinasi BCG juga (kalau boleh saya tafsirkan), termasuk
luka/scar yang membesar atau tidak sembuh-sembuh pasca vaksinasi (dengan
catatan: lukanya tidak 'diotak-atik anak/ortu ya :)). Please note, ini hanya 1
faktor dari pendekatan diagnosa TB pada anak, harus ada faktor-faktor penunjang
lain dan disertai test lab, radiologi dan mantoux untuk menegakkan diagnosanya
(or plus check sputum/dahak untuk orang dewasa).  Memang nggak simple ternyata
mendeteksi apalagi mendiagnosa anak terinfeksi TB ...

semoga tidak semakin membingungkan ya mas, mbak :)
Sylvia - Jovan's mum

Delilah wrote:
yang saya tau juga klo imunisasi yang ada benjolannya berarti behasil. Saya
juga ada bekas suntikan sampai sekarang masih ada. Berarti saya TB dong???
yang bener yang mana yaa??? hehe..he..
------
Tyo wrote:
Maap nanya nih..
Bukannya kalo ada benjolan abis disuntik itu nunjukin kalo reaksi imunisasinya
berhasil..?

-------
Sylvia Radjawane wrote:
...Dari info yang pernah saya baca di harian Kompas, anak yang terinfeksi TB
...jika ... memenuhi 3 atau lebih faktor, seperti:
- ... - reaksi anak yang cepat terhadap imunisasi BCG (beberapa hari langsung
muncul luka/scar di area suntik)
- ...

<deleted>