Mominya Irgen,
Anak saya Rama ( 18 bulan ), sudah gak pernah pakai diaper sejak usia 15
bulan ( baik di rumah atau bepergian ).
Saya udah mengajari toilet training sejak dia mulai belajar duduk, klu
dirumah setiap hari selalu di tatur ( kira2 1.5 jam sekali bawa ke toilet
untuk pipis ), terserah anaknya mau pipis atau tidak yg penting kita sudah
membiasakan, kemudian klu bangun tidur selalu saya dudukan diatas closet
untuk melatih dia pup. Sambil dikasih tau " klu mau pipis bilang ya ?" ( wlu
pun waktu itu blm bisa ngomong )
Waktu usia 1 tahun klu pergi masih suka pakai ( krn ortu nya gak mau repot
: ) ), . Nah pas usia 14 bulan itu pernah kita pergi dan saya coba tidak
pakai diapers dan tidak bawa diaper sama sekali, tapi pas sampai di tengah
jalan suka saya tanya "mau pipis gak?", ( biasanya pakai feeling aja, kira2
tadi di rumah pipis jam brp ). Lama2 dia terbiasa klu mau pipis selalu
"pegang" dan bilang "mau pipis". Karena anak saya cowok biasanya pas di
tatur itu klu keluar nya agak lama suka saya tetesin air sedikit untuk
merangsang keluar pipisnya itu. Akhirnya sejak usia 15 bulan, bener2 lepas
diapers sama sekali walaupun pergi jauh, karena dia udah berasa klu mau
pipis atau pup pasti dia akan bilang. Lumayan jatah diapers bisa buat
nambahin beli susu nya.

lila