Pagi moms mau curhat nih……

Udah hampir 1 minggu ini Zahra bermasalah dengan perutnya. Muntah dan
mualnya udah hilang tapi kembungnya masih. Rata-rata tiap jam 5 keatas
si kecil pasti kembung. Dan pubsnya sehari bisa 3-4 kali tapi gak banyak
dan bukan air hanya lebih lembek dari biasanya (maaf). Saya udah bawa ke
dokter, alhamdulillah dokter tidak beri antibiotic seperti yang saya
kawatirkan sebelumnya dia hanya kasih puyer untuk diarenya ama susu yang
semula Babelac diganti dengan NL-33 punya morinaga. Namun sampai
sekarang udah 1 minggu ini tidak banyak perubahan. Bahkan maem buburnya
ndak mau sama sekali, tiap saya kasih bubur dia oga nelan hanya
dibiarkan aja sambil mulut terbuka dan akhirnya ..huekkkkk. Duh malah
dimuntahkan dan yang lain kadang ikutan keluar sedih deh. Tapi kalau
saya beri kentang gorong yang saya haluskan saya campur daging dia mau,
telor jawa dia bisa 1 hari 2 butir kalau dibiarkan bisa lebih. Tapi
napsu maemnya jauuuuh dari sebelumnya. Ini mungkin karena dia lagi
tumbuh gigi yang bertubi2. Saya perhatikan dalam waktu yang bersamaan
ada 4 gigi baru udah mau tumbuh. Mungkin karena itu dia ogah maem.
Kemarin saya ke dokter lagi malah ama dokternya tidak diberi apa 2 hanya
disarankan kasih pharolit (sejenis oralit) dan susu NL-33 nya
diteruskan. Yang ingin saya tanyakan :
1.      Bagaimana menghilangkan kembung pada balita, padahal udah
berbagai cara udah saya lakukan misalnya diberi minyak kayu putih, daun
simbuk-an ditempel diperut dsb. Kembungnya seringnya pada malam hari
sebab pada malam hari Zahra tidak ngompol, pubs or kentut. Baru setelah
bangun pagi dia pipis, pubs kembungnya hilang.
2.      Bolehkan susu rendah laktosa diberikan dalam waktu yang lama dan
dalam jumlah yang banyak ? 4 hari ini Zahra udah habis 350 gr (1 kaleng)
bolehkah jika saya tambah lagi sampai kondisi perutnya bagus bener ? apa
tidak berbahaya or ada efek sampingnya ?
3.      Dia juga untuk anak seusianya mungil banget, sekarang karena
sakit dan ndak mau maem beratnya tinggal 5.5 kg padahal dia tanggal 10
Maret nanti udah 9 bulan. Ibu – ayahnya padahal ukurannya big size. Apa
ini sudah tahap mengkhawatirkan ?
4.       Bagaimana agar dia tidak sering banget pubs ? sebab jika dia
dimasuki banyak (maem banyak) keluarnya juga banyak kayaknya Cuma
numpang lewat doang makanya meskipun dulu napsu maemnya bagus ndak ada
kenaikan berat badan yang berarti. Kalau tentang menu maem aku udah buar
sevariasi mungkin dan dia gak masalah dg menu2 tersebut. Tapi kok gak
ada kenaikan yang berarti juga.

Makasih ya moms… asli sedih banget, malah ama neneknya namanya mau
diganti aja kali gak cocok tahu deh…. Pasrah ….

Regards,
Yuliana

Kirim email ke