To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, March 09, 2005 12:08 PM
Subject: Re: [balita-anda] Mengatasi BS yang susah diajak komunikasi

Wah, mbak... bs-nya kok hebat banget ya bisa sampek tengkar mulut ama majikan, kali kalo bs saya udah tak tendang keluar sampek ke ujung dunia, hehehehe...
memang sih susah cari pengganti, tapi sebagai majikan tepatnya ibu dari anak yang di asuh kan nggak salah kalo kita mau tau apa yang telah diberikan sama anak kita, kalo bs merasa nggak senang biarin aja mbak, emang anaknya anak ibu atau anak bs...

Sekedar sharing aja, saya malah nggak pernah melibatkan suami dan suami juga nggak pernah mau terlibat dalam urusan untuk mengatur bs, nanti malah bs-nya salah tingkah lagi (hal ini siapa yang tau, iya kan mbak ???), pernah bs saya melaporkan bahan keperluan anak saya yang habis, langsung di telpon ke hp suami saya lagi, suami saya malah langsung bilang kalo hal begini langsung aja ngomong ke ibu, bukannya suami saya nggak mau tau soal anak ya mbak, cuma dia masih menghargai saya sebagai ibu anaknya, dan merasa hal ini biar saya yang urus, sepulang kerjanya suami saya malah ngomel2 ke bs, "lain kali kamu jangan pernah nelpon ke hp saya ya, kalo untuk urusan anak dan rumah tangga kan ada ibu, emang di rumah ini udah nggak ada ibu, makanya harus melalui saya langsung, kamu anggap ibu itu apa di rumah ini ???" terus terang saya juga kaget melihat suami marah begitu...
bukannya sombong juga, suami saya trauma melihat temennya yang banyak dan akhirnya malah lebih mengharapkan bs mengurus anak ketimbang harapin istrinya, malah kadang temen suami saya berkunjung ke rumah kami bersama anak dan bs-nya tanpa si istri, kalo kita yang mengerti sih nggak masalah ya mbak ya, gimana ama orang lain yang suka gosip ??? betul nggak ? memang pendapat orang lain kita nggak perlu gubris, tapi namanya api, kalo nggak ada yang bakar mana mungkin berasap, iya toh mbak ???
ini salah satu kenapa suami nggak mau terlibat dan saya juga jadi ngerti dan nggak pernah melibatkan suami dalam urusan mengatur bs.

Soal bs yang mau keluar, karena dia tau majikan sangat tergantung kepadanya maka bs jadi belagu, berani ngelawan, dan nggak bisa dibilangin.
Jangan takut di tinggal bs mbak, kita tunjukin kalo nggak ada bs itu kita masih bisa kerjain sendiri, kalo memang harus ganti kenapa harus di tahan lagi, memang untuk mencari yang baru itu nggak gampang, tapi nanti daripada kita darah tinggi trus perkembangan anak kita juga nggak tau jelasnya gimana, soalnya bs mbak kan susah ditanyain kan ? kalo saya sih mungkin bs yang begitu udah saya pecat jauh2 hari, sabar dan berdoa pasti suatu hari mbak akan mendapat bs yang cocok, dan mengenai kepandaiannya bekerja, nggak ada manusia yang nggak bisa selagi manusia itu mau belajar, nggak ada yang pintar dan nggak ada yang bodoh, semuanya pintar kalo mereka mau belajar, percaya deh mbak...

Terus terang saya termasuk orang yang galak dan ketat dalam mengatur pekerjaan bs, tapi syukur dan mudah-mudahan sampek sekarang kalo saya ngomel bs saya nggak pernah ngelawan, pernah juga kadang keterlaluan ya mbak saya ngomelnya, bs jadi beres2 baju dan minta berhenti kerja, nggak saya tahan, saya cuma bilang, terserah kalo mau berhenti kerja, tapi dengan catatan, kamu nggak boleh pergi selagi saya belum dapat pengganti dan kedua, kalo memang kamu mau pergi udah pikir yang jelas dulu, kalo kamu sayang sama anak saya tentu omelan saya nggak berarti apa-apa buat kamu, akhirnya malamnya bs minta kerja kembali, mungkin karena udah sayang sama anak saya juga... tetapi sebagai majikan saya juga mendapat pelajaran untuk tidak terlalu keras terhadap mereka, soalnya mereka juga manusia, sama seperti kita, sekarang kalo saya ngomelin mereka nggak marah kayak dulu lagi, tapi saya bilangin baik2, tapi kalo dengan cara ini nggak bisa juga, terpaksa saya pake jurus yang dulu, tapi syukur
lah,
dengan cara bicara baik2 kayaknya lebih jitu daripada marah nggak karuan.
Di lain kesempatan apabila sedang bermain dengan anak juga bs saya libatkan di dalam, jadi ada kesan akrab juga antara saya dengan bs.

Mudah2an berguna ya mbak...

Salam,
Maria - Mamanya Tiff