Dear Mba Caroline,
problemku sama persis ma mba Caroline. Aku tinggal di Bontang, jauh dari
sanak famili, keluarga, jadi bener2 hanya ngandalin pembantu utk jaga anak.
Wkt itu Athaya anak pertamaku menjelang 2 thn, si pbt mulai bete2 (udah
ikut aku 2 thn lbh wkt itu), ditambah anakku bermasalah di pencernaannya
(suka muntah kalo udah 5 hr ga pup, pupnya susah bgt!). Tp krn pekerjaannya
bgs (semua kerjaan dihandle dia, masak, nyuci, beres2,n ngasuh), aku sayang
ngeluarin (dia udah pengen istirahat), tkt ga bisa dpt yg sebagus dia,
setelaten dia, etc...
Tapi yg ada akunya makan hati banget, terus terang aku emang ga pernah
negur keras kalo ke pembantu, tp dianya lama2 yg suka ngambek n marah2 ma
aku...(hehe, kebalik kan..), aku jadi ga tenang di ktr, di rmh suasana ga
enak, dan kondisi itu aku pertahankan selama 8 bulan...!!
Suatu wkt pas aku mo pergi dinas, dia mendadak dpt telp hrs pulang ke Jawa.
Aku bingung banget, kalang kabut cari pengganti instan (krn dia janji mo
balik lagi, cuman ijin 1 mg). Dpt sih, seadanya, trus ibuku aku minta dtg u
ngawasin. Pulang dinas dia telp balik lagi (walau aku dah bekelin dia
ongkos pesawat pp, gaji bulan itu yg blm genap sebulan, plus tip 1/2 bln
gaji dengan harapan dia mo balik).
Ya udah, mungkin ini yg terbaik, aku ikhlas krn dia pegang anakku cukup
baik selama ini, jujur, ga macem2. Pelajaran buat aku, mungkin dia terlalu
berat bebannya (aku tawarin tambahan pembantu sll ditolak krn dia takut ga
cocok) disamping udah jenuh juga kali (3thnan ma aku). Alhamdulillah,
Athaya ok2 aja tuh, krn ga lama kemudian dia udah ikut play group. Pembantu
yg baru td ikut aku cuma 6 bulan, pas cuti aku cari lg dr Jawa. Sekarang
aku pake 2 pbt krn anakku jg dah nambah.
Pokoknya Mba Caroline, kalo pembantu udah bolak2 ngancem mo keluar,
sebaiknya keluarin aja, buat apa dipertahankan, pasti kerjanya udah ga
optimal. Jgn ragu cari yg baru, Insya Allah akan dpt juga kok yg sayang
anak, meski butuh proses. Jgn kawatir deh mba, ok.
Sorry kalo kepanjangan...

Salam,

Mamanya Athaya n Aliya.