Terima kasih untuk rekan rekan yang sudah kasih inputan.

Salam,

Emma
-----Original Message-----
From: melisa [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, March 15, 2005 5:04 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Sharing pasta gigi yang aman buat infant.

Mbak Uning,

Pasta gigi kebanyakan mengandung fluoride, itu yang enggak boleh
tertelan
Mbak. Saya lihat pasti gigi untuk anak yang dijual di pasaran masih
memiliki
kandungan fluoride, walaupun dinyatakan oleh produsennya aman jika
tertelan.

Ini saya kutip sedikit uraian Dr Purnamawati tentang Fluor dan efeknya,
awalnya e-mail ini ditujukan untuk penjelasan supplement Vinafluor, tapi
saya rasa berkaitan juga dengan penggunaan pasta gigi pada anak:

1. Fluor ada dimana-mana ... di makanan kita sehari2 , di air dan di
udara.
Bahkan untuk daerah yang poluis industrinya tinggi, kadar fluor di udara
dan
tanah sangat tinggi.

2. Kebutuhan akan fluor amat sangat kecil sehingga kita tidak
membutuhkan
suplemen fluor

3. Fluor yang dikonsumsi untuk waktu lama akan menimbulkan berbagai efek
samping. Yang tersering adalah rusaknya enamel gigi sehingga gigfi
bergaris-garis dan berbercak2 berwarna kuning kecoklatan yang
sangat mengganggu estetika dan uoaya restorasinya amat sangat mahal
(jutaan
deh) Fluor juga akan menyebabkan berbagai komplikasi lain seperti
osteoporosis, sakit tulang, sampai dengan meningkatnya risiko kanker
mulut

Dengan demikian ... gak usah anakmu diberi vinafluor. Sept tahun lalu
persatuan dokter gigi jaksel mengadakan seminar perihal fluor ini dan
saya
salah satu pembicaranya dan disitu kami anjurkan agar jangan memberikan
suplemen fluor termasuk jangan memberikan odol pada
anak yg belum dapat berkumur2 dengan baik (meskipun pasta gigi tsb
dinyatakan aman untuk anak) Yang paling penting adalah sikat gigi
setiaphabis makan besar dan
hindari konsumsi permen dll. Selain itu kontrol gigi teratur setiap 6
bulan
untuk menjaga kondisi gigi anakmu

Semoga bermanfaat

Melisa