Dear Ibu Lea,
minggu kemarin di milis berbadan dua membahas ttg sungsang: saya
kutipkan di sini (copy-paste), moga2 berguna:
[berbadan-dua] Posisi Bayi sunsang di Minggu ke 26

lia lestari     to berbadan-dua

hai moms,

usia kemahilan saya memasuki 25 minggu, terakhir dokter bilang posisi
bayi -nya sungsang (kepalanya diatas).. moms i'm so worry!! :((.
padahal sebelumnya kepala bayi udah agak dibawah.
ada yang punya pengalaman nggak supaya kepala bayinya di bawah lagi?
terus kalo nggak salah orang dulukan ada yang diurut, sebenernya bisa
nggak sih diurut untuk membetulkan posisi bayi?

apakah posisi kepala bayi yang diatas alias sungsang harus melahirkan
dengan cara caesar?

thanks

Liah

to berbadan-dua

Dear Lia,

penjahit langganannku pernah divonis harus melahirkan caesar karena bayinya
sunsang.
Akhirnya dia mengikuti kata orang tuanya, yaitu : mengepel lantai secara
manual, tapa bantuan alat kayu pel, tapi hanya kain pel
dari depan rumah sampai belakang rumah, setiap hari, akhirnya posisi
bayinya tidak sungsang dan ia bisa melahirkan normal.

Semoga bisa membantu.

Thanks,
Riris
---------------------------------
stella_martini
<[EMAIL PROTECTED]> to berbadan-dua

Lia,

waktu aku hamil anakku yang kedua, aku juga ngalamin sungsang tuh.
Doker waktu itu nyaranin aku memasang walkman yang earpiecenya
ditempelin di perut bagian bawah, dekat sekali sama pubic hair.
Dokter bilang, baby akan mencari sumber suara, sehingga nantinya
muter dan kepala jadi di bawah. Betul banget tuh, aku gak pake
nungging or ngepel hehehe...

Yang gawat, gara2x salah makan, aku mules banget, pas kandungan udah
30 minggu lebih si bayi muter lagi jadi sungsang huhuhu sedih plus
kesel rasanya. Untung bisa muter lagi ke posisi bener, sama tuh
metoda dengerin lagu.

r/

Stella
----------------------------------

LM Kusumaningtyas
<[EMAIL PROTECTED]> to berbadan-dua

Dear Mbak Lia,

Waktu aku hamil besar (kira2 28 minggu), posisi bayiku juga sungsang (kepala
di atas) ... & dsog.ku bilang
kalo sungsang ke kiri atau kanan masih bisa diusahakan untuk normal, tapi
kalo kepala di atas ... gak bisa,
bahaya buat si bayi.
Jadi aku coba nungging setiap hari 3x10 menit
Aku juga coba naro earphone-nya walkman di perut bagian bawah ... &
sepertinya bayiku berusaha bergerak nyari
asal suara ...... berhasil ... gak sungsang lagi ... !!

Temenku juga punya masalah yang sama di kehamilan 8 bulan, jadi dia ngepel
nungging (traditional style) stiap hari ..
finally ... bayi berubah ke posisi normal.

Ada lagi yang pake cara lain ... kalau sholat & saat sujud ... dia berdoa
lama ... stiap hari 5 kali (sesuai waktu sholat) ...
berhasil juga tuh.

Smoga membantu.

Tyas
Damayanti Telly
<[EMAIL PROTECTED]> to berbadan-dua

Dear Lia,

Katanya sich... menurut orang dulu bisa juga diurut membetulkan posisi
bayi. Tapi klo menurut saya, jangan dulu karna usia kehamilan blm
masuk 7 bulan, takutnya rahim lia belum begitu kuat menahan tekanan2
akibat pijatan tsb apalagi tukang urutnya gak tau kondisi perut kamu.
Ada pengalaman temenku usia kehamilan baru 6 bulan, sudah dipijat2
perutnya padahal cuma pelan alias diusap-usap doank, tapi kenyataanya
keesokan harinya air ketuban rembes terus ngalir gak berhenti2 dan
dokternya cepat ambil tindakan utk segera mengeluarkan bayinya. ich...
serem kan kalo kejadiannya kaya gitu.
Mending kamu rajin jalan pagi aja, dan perbanyak nungging. klo kamu
ikut senam hamil pasti diajarin dech... posisi nungging utk bayi
sungsang.

Segitu aja, sorry klo kurang membantu.

Telly
--