Buat abinya affan,

Waktu aku melahirkan anak pertama (10 tahun yll) di rsab harkit, bayiku juga
kuning. Aku melahirkan secara operasi cesar kira-kira jam 1 siang. Kira-kira
jam 4 sore, aku dikasih tahu sama suster kalau bayiku kuning, karena
bilirubinnya sudah 13 dan dsa nya sudah mengambil tindakan exchance
transfusion tanpa sempat lagi memberitahu kami (aku masih teler karena abis
operasi, sementara suamiku lagi pergi kekantor sebentar setelah aku
operasi). Akhirnya kami mendapat keterangan dari dsa nya, bahwa anak kami
selama 2 jam setelah dilahirkan bilirubinnya meningkat pesat (mencapai 13),
sehingga diambil tindakan exchance transfusion, karena kalau tidak akan
merusak otaknya. Bayi yang belum berumur 24 jam jika mengalami kuning
(bilirun meningkat pesat) perlu diwaspadai dan segera diambil tindakan
exchance transfusion.
Dan dsanya juga pesan karena gol darahku O dan bayiku B (ngikutin suami)
kemungkinan anak-anakku berikutnya juga akan mengalami seperti itu dan juga
pesan kalau bisa aku melahirkan di rs yang cukup besar, karena kalau
diklinik-klinik bersalin kecil kemungkinan hiper bilirubinnya tidak
terdeteksi.

Aku bersyukur sekali karena aku mengambil tindakan memilih rsab harkit untuk
melahirkan, walaupun cukup jauh dari rumahku dan sementara ketuban sudah
pecah duluan. Waktu hamil aku periksa di 2 tempat, 1 di rsab harkit dan 1
lagi di klinik kecil dekat rumahku di daerah bekasi.

Selanjutnya, waktu melahirkan anak ke 2 dan ke 3 (lewat operasi juga) aku
memilih di rsab harkit dengan dokter yang sama, dan dokterku juga sudah
menyiapkan peralatan-peralatan untuk exchance transfusion untuk berjaga-jaga
apabila anakku kena hiper bilirubin juga. Alhamdulillah anak ke 2 dan ke 3
ku sehat-sehat aja, walaupun anak ke 3 ku sempat nambah 1 hari di rs karena
kuning (bilirubinnya hampir 13)pada saat mau pulang dan hanya diterapi
dengan blue light.

Aduh ... maaf.... jadinya malahan cerita lagi, bukannya membantu... sekali
lagi...maaf

Mamanya bytta-avier-ayra