On Tue, 12/04/05, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> ****** untuk netters yang kerja di bidang askes, aku mau
> nanya, perhitungan asuransi seperti ini apakah mungkin ?

Mungkin saja, bila tipe asuransinya adalah cash-plan, yaitu
adanya plafon total seperti di atas. Batasan bukan per item
benefit totalnya. Kalau ada batasan per item (ruangan,
dokter, ICU, dll.) namanya medicare dan biasanya memakai
sistem provider, peserta tidak harus bayar, kecuali kalau
ada kelebihan.

> bayi yang baru lahir apakah bisa langsung tercover,
> perngalaman untuk askes anak biasanya ada minimal umur 23
> hari dan penyakit bukan kelainan bawaan.

Tergantung kontraknya. Kalau Mattel self-insured (mengelola
sendiri asuransinya), mungkin aturan lebih fleksibel.

> Untuk biaya operasi cesar bukannya ada budget tertentu
> untuk setiap pos-nya, aku agak aneh aja dengan perhitungan
> klaim asuransi seperti ini.

Tergantung kontraknya. Bila benefit maternity tidak dibeli,
maka tidak ada penggantian untuk caesar. Ada juga yang all-
in.

> Seandainya RS bukan provider asuransi ybs, biasanya biaya
> bisa di-reimbers, apalagi kalau asuransi tsb merupakan
> tunjangan dari kantor tempat bekerja, tidak mungkinkah
> kantor menalangi biaya tsb sebelum di re-imbers ke pihak
> asuransi ?

Perbedaan antara RS Provider (rekanan) dan bukan adalah
proses admission-nya. Kalau di RS provider biasanya cukup
menunjukan kartu peserta dan urusan transaksi ditangani RS
dan perusahaan Asuransi. Kalau dapet RS non-provider maka RS
harus tlp dulu ke asuransi, asuransi mengeluarkan jaminan,
dan baru pasien bisa masuk.

Rgds.,
Erik
speaks on behalf of himself