----- Original Message -----
From: "Selvia Syarifa" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, April 18, 2005 9:27 AM
Subject: [balita-anda] Tanya: Antibiotik CAFET

Dear All,
beberapa waktu lalu ada yg bertanya ttg antibiotik CAFET (saya coba buka
medicastore tapi tdk bisa)

anakku (9bln) sudah 5 hari badannya panas setiap malam diikuti nangis terus
kmd 2 hari terakhir disertai pilek dan batuk, akhirnya dibawa kedokter dan
dikasih antibiotik cafet (syrup) dan puyer...

ade:
cefat barangkali maksudnya, puyernya isinya apa aja tuh
batuk pileknya keluar masih demamkah?
soalnya biasanya kalau demam trus ada batuk pilek ya kemungkinan sih virus
common cold
apalagi bayi 9 bulan
virus ga mempan dikasih antibiotik
krn virus akan hilang dgn sendirinya apabila daya tahan tubuuh anak membaik
dan virusnya keluar semua
demam, batuk, pilek itu salah satu mekanisme tubuh yang diciptakan Tuhan
untuk membuang virus
so beri minum sedikit dan sesering mungkin ya, ASI/sup/juice buah

> saya ragu-ragu mau kasih antibiotiknya karena pernah baca di milis ini
kalau
> cafet itu keras (cmiiw), tapi akhirnya diminumkan juga mengingat anakku
> rewel sekali (plus ortuku juga ribut sekali memaksa untuk meminumkan) saat
> ini antibiotik tersebut sdh di minumkan keanakku 5 kali....
> yg saya mau tanyakan antibiotik tsb harus dihabiskan kah ? kalau tidak
> dihabiskan apa efeknya ?
>
> mohon sharingnya
> wass,
> =selvi=

ade:
antibiotik harus diabiskan apabila memang ada bakteri/kuman jahat ditubuh
anak
kalau ga ada bakteri/kuman jahat di tubuh anak ya si antibiotik akan
menyerang bakteri baik dalam tubuh anak

dipencernaan kita sudah jelas banyak bakteri baik, tapi itu semua bermanfaat
untuk:

- mengolah yg kita makan jadi nutrisi berguna
- membuat vitamin b & k
- memperbaiki sel dinding usus yg sudah tua & rusak
- dan yg. tidak kalah penting adalah ikut mencegah pencernaan kita ini
di"huni" oleh bakteri secara tidak langsung

jadi sebaiknya di stop aja cefatnya dan semua obat2annya kalau tidak
diperlukan...kasiankan nanti hanya kena efek sampingnya aja...dan takutnya
nanti semua bakteri berguna tsb jadi pada mati atau at least banyak
berkurang sehingga nanti jadi lebih gampang sakit/ terinfeksi bakteri
jahat....

percaya deh mba "The less we consume antibiotics the less frequent we get
sick"

salam

ade