Dear Mbak Pricillia,

Batuk pilek yg berulang bisa krn virus bisa juga krn alergi.
BIasanya kalo krn virus dibarengi dg mild to severe fever.
Kalo krn alergi, biasanya gak pake demam dan anak tetep pecicilan alias
behaviournya gak terpengaruh.

Kalo dilingkungan rumah ada yg juga sedang kena batuk pilek sangat wajar
anak terkena lagi batuk pilek. JAdi inner circle.
Dan betul sekali baik virus ataupun alergen, tetap sama sekali gak perlu
antibiotik.

Kalo kemudian ada klausul batuk pliek terlalu lama menyebabkan otitis
media (infeksi saluran tengah telinga), rasanay kurang tepat. Gak selalu
batuk pilek lama berakhir dg infeksi telinga kan ?! kalo ya pasti anak
saya alyssa kena ini dong tiap kali batuk pilek. Memang salah satu klausul
peneybab otitis media adalah pilek berkepanjangan. Tapi lagi2 itu jgua
bukan berarti membutuhkan ab. Mbak dah baca ya email yg diposting pak Tri
pagi ini ttg anitbiotik mengalami resistensi. Alangkah sayangnya jika one
day kit abutuh antibiotik ternayta gak ada antibiotik yg mempan lagi krn
kekurang bijakan kita dalam menggunakan antibiotik.

Kalo mbak ragu coba browse ke websitenya WHo (www.who.int) atau CDC
(www.cdc.gov) atau AAP (www.aap.org), kalo mbak cari ttg antibiotik, cold
and flu pasti semuanay mengatakan hal ygs ama kalo ab (antibiotik) sangat
gak dibutuhkan utk treatkmet cold dan flu.

Oya coba mbak buat ruangan jadi lembab (gak kering) ini berarti sebisa
mungkin gak pake AC di kamar utk semetnara, sering memebrsihkan ruangan
tidur dari debu, dsb.
Percayalah serigin waktu daya imun tubuh anak akan memiliki antibodi
melawan si virus ataupun alergen tsb.

Moga cepat membaik
Luluk