Luluk Lely Soraya I wrote:

Mamanya Nico & Nini,

Kayaknya hanya masalah habit aja kok. Atau kebiasaan.
Kalo kita dah terbiasa sesuaut, begitu nyobain yg lain pasti akan terasa
gak enak.
Mungkin kejadian di saya & keluarga beda dg mbak.
Dari kecil saya gak terbiasa makan makanan yg mengandung MSG. Dan itu
terbawa ke anak saya sekrg.
Kalo saya makan sesuatu yg pake MSG banyak dikit aja pasti langsung pusing
& mual.

sebaliknya suami tuh terbiasa dg ortunya makanan yg pake msg. Jadi begitu
ketemu aku yg masak dia merasa gak sempurna (meski gak pernah ngeluh atau
comment kalo aku masakkin).
Sampe akhirnya sedikit demi sedikit dia terbiasa dg pola baru dari
masakanku. Dan dia jadi kayak aku sekrg. Kalo makan yg gurih krn msg pasti
rada2 eneg.

Bisa kok mbak diubah. Pelan aja. Asal ada tekad dan konsistensi.
Demi utk anak2 juga kan mbak ?!

Luluk

Iya bener mbak, seperti nenek saya kalau masak ga pake msg sptnya ada yang kurang, sampai dadar telur aja dikasi msg juga. Kalau saya sudah dua taun terakhir ini menghilangkan msg kalau ga perlu perlu amat. Kalau butuh kaldu ya bikin dari ayam ato daging beneran, kan ga perlu banyak daging untuk bikin kaldu. Untuk menyedapkan memang bener tuh dikasi bawang putih/merah yang lebih pas paduannya trus ditambah bumbu lain kayak kemiri, ketumbar dll deh. pasti sedap deh, masak kan bukan matematika yang padu padannya bisa disesuaikan dengan selera. alhamdulillah suami saya belum pernah complain dengan masakan saya :D

selamat memasak,
salam, dany primanita