dear bunda nayla,

kalau saya sih me-list kebutuhan2 pokok saja secara garis besar yang pasti2
tiap bulannya. yang tidak pasti seperti pembayaran asuransi mobil, ke bengkel
dll masuk dalam miscellaneous (lain-lain). jadi misalnya bulan ini harus bayar
asuransi mobil, atau beli sofa baru misalnya sejak 2-3 bulan sebelumnya sudah
mengurangi pengeluaran rekreasi, nggak beli baju, mengurangi pengeluaran
belanja, dll. targetkan tabungan sejumlah tertentu yang langsung dimasukkan
tabungan yang nggak bisa diambil (deposito atau rekening yang gak ada ATMnya)
dan kalau uang habis, anggap memang sudah tidak punya  uang. uang tabungan
hanya bisa diambil saat emergency saja. jadi kalau kepepet belum gajian uang
sudah keburu habis, biasanya saya berhemat dengan misalnya nggak jalan-jalan,
mengganti menu dengan yang lebih hemat, nggak beli cemilan, makan siang bawa
dari rumah. dengan begitu kita lebih displin dan bulan depannya akan
mengusahakan pengeluaran yang lebih disiplin sejak awal bulan supaya akhir b
 ulan
 nggak kehabisan uang yang sudah dianggarkan.

mudah-mudahan bermanfaat.

1. gaji pembantu

2. iuran perumahan

3. transport

4. uang makan siang ( saya + suami)

5. pulsa HP (saya + suami)

6. uang belanja (anggarkan sejumlah tertentu perbulan dengan mempertimbangkan
kebutuhan dan pemasukan)

7. kasih ortu

8. arisan

9. lain2 : rekreasi, berobat, makan diluar, baju dll (alokasikan sejumlah
tertentu perbulan)

10. listrik, telp, air

11. sekolah bermain audrey

12. tabungan pendidikan audrey (berupa tabungan biasa, tapi rutin tiap bulan
sejumlah tertentu)

13. sisanya ditabung untuk tabungan/dana cadangan

regards,

ratna

 Yahoo! Messenger
- Log on with your mobile phone!