Kalo menurut saya sich mending kumon aja.

Anak saya sudah saya masukin Sempoa dari umur 5 tahun, 1 semester berhenti.
Lanjut lagi pas masuk kelas 1 SD setahun, sekarang naik kelas 2 brenti.
Dulu itu maunya sich Kumon tapi di daerah saya ga ada yang buka kursus
Kumon.  Ke tempat kursus kumon jauh.  Ga sembarangan bisa bikin kurus kumon,
ga kayak kursus sempoa bisa buka di rumah sendiri.

Kebetulan bulan lalu Saya coba ikut training gratis untuk calon pembimbing
(moms ada yang ikutan juga ga ?!).  Saya lihat metodenya bagus.  Jadi si
anak tiap hari harus belajar di rumah (dikasih soal2 PR dari tempat kursus
Kumonnya) selama 30 menit.  Kursusnya sich 2 kali seminggu saja.  Nanti di
tempat kursus itu diperiksa trus diajarin bagaimana harusnya jawabannya
(aliran perhitungannya, terutama kalo matematikanya yang sudah pake rumus2
macem2). Nach si anak itu dikasih pelajarannya meningkat terus kalo
pelajaran tingkat 1 misalnya sudah bisa naikin ke tingkat selanjutnya terus
begitu.

Hanya sayang saya ga bisa jadi pembimbing karena ga bisa lepasin kerja
kantoran saya:) Tadinya saya ingin coba buka kursus Kumon di perumahan saya
tapi syaratnya ternyata berat bo:)

Kalo sempoa ... saya lihat hanya belajat berhitung saja.  Si anak juga (anak
saya maksudnya) suka ga konsisten juga berhitung masih pake jari ga pake
alat hitungnya.  Selain itu yang saya lihat dari anak saya, kayaknya
metodenya ngebosenin anak.

Sebenarnya kita sendiri bisa aja belajar kayak metode kumon di rumah karena
kumon itu sebenarnya ketekunan saja, tiap hari belajar 30 menit mengerjakan
soal matematika (pelajaran yang lain juga bisa diterapkan dengan metode ini
menurut saya). Saya sekarang coba praktek sendiri di rumah, cuman .... bikin
soal dan periksa hasilnya itu yang sering ga kuat, suka bikin saya ga mampu,
apalagi nanti kalo matematikanya sudah tinggi pake rumus2, wah ga janji dech
harus buka2 buku SD, SMP, SMA lagi hehehe