FYI yak.

rgrd

----- Original Message -----
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, May 19, 2005 9:35 AM
Subject: {BA-depok} (NEWS) Indonesia Masih Jauh Capai Bebas Polio

> http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=198062&kat_id=13
>
> Indonesia Masih Jauh Capai Bebas Polio
>

> YOGYAKARTA -- Anggota komisi ahli dalam eradikasi polio yang juga Ketua
Sub Bagian Penyakit Menular, Bagian Kesehatan Anak RS Dr Sardjito/FK UGM,
Prof Tony Sadjimin mengatakan Indonesia masih jauh dari pencapaian bebas
polio. Menurutnya, Indonesia baru mempersiapkan diri untuk melangkah ke
sana.

> ''Memang pernah direncanakan bahwa tahun 2005 Indonesia akan bebas polio,
tetapi dari hasil surveilens lumpuh layu akut di Indonesia tahun 2002 belum
baik, masih di atas 1 per 100 ribu penduduk,'' katanya. Padahal, jika suatu
wilayah dinyatakan bebas polio hasil surveilens lumpuh layu akut harus di
bawah 1 per 100 ribu penduduk. Sehingga, Indonesia tidak bisa mencapai bebas
polio 2005 melainkan diundur tahun 2008. Dengan adanya kasus polio di
Sukabumi, pencapaian Indonesia bebas polio bisa jadi makin jauh.

> ''Saya sangat sedih ketika mengetahui di Sukabumi ada kasus polio. Berarti
kerja kita masih panjang dan membutuhkan biaya banyak untuk mengadakan
imunisasi polio secara massal,''kata ketua Divisi Hubungan Internasional dan
Pengembangan SDM Clinical Epidemiology & Biostatistics Unit (CE&BU) ini.
Ternyata hasil pemeriksaan di laboratorium WHO di India pada kasus polio
yang diderita anak di Sukabumi menyatakan bahwa itu positif polio, yang
sangat mungkin itu sesuai dengan virus polio yang ada di Saudi Arabia yang
sudah dideteksi oleh mereka. Dan, itu bukan virus polio Indonesia.

> Selama ini Indonesia selalu melakukan surveilens lumpuh layu akut dan
sebetulnya yang dicari lumpuh layu yang bukan polio. Karena, harusnya polio
tidak ada karena anak di Indonesia sudah divaksinasi polio. Informasi dari
rumah sakit, bidan desa, dokter swasta, yang mendapatkan lumpuh layu akut
harus dilaporkan. Kemudian anak yang lumpuh layu tersebut diikuti terus,
sehingga di dalam 60 hari dia sudah sembuh. Kalau lumpuh layu bukan polio
bisa sembuh, sedangkan kalau lumpuh layu karena polio, selama hidupnya akan
lumpuh layu, jelasnya. ''Dengan melakukan surveilens lumpuh layu akut, kita
bisa mendeteksi apakah dari lumpuh layu akut ada di antaranya
polio,''tuturnya.

> Virus polio yang menyerang anak-anak di Sukabumi tersebut, lanjutnya,
kemungkinan dari tenaga yang di Arab Saudi, jamaah haji yang pulang dari
Arab Saudi, atau orang Afrika yang ke Indonesia. Mereka kemungkinan membawa
virus polio di dalam perutnya, kemudian mereka buang air besar. Virus polio
tersebut mungkin tertelan anak yang belum diimunisasi polio, sehingga bila
daya tahan tubuh anak tersebut rendah, bisa terserang penyakit polio.

> Anak yang sudah divaksinasi polio, kalau dia terkena virus polio bisa
tertular, tetapi tidak akan sakit polio, karena di ususnya sudah kebal
terhadap virus polio. Vaksinasi polio tetap harus diberikan walaupun si anak
sakit, kecuali bila sistem imun anak rendah, seperti anak yang baru lahir
dengan berat lahir rendah (kurang dari 2300 gram), bayi yang lahir dengan
HIV/AIDS, dan lain-lain. Bila bayi yang sistem imunnya rendah, akan
membahayakan bagi si anak.