Mungkin dulu waktu pertama kali mengenal badut agak kurang tepat caranya,
(mungkin juga dia liat film di TV atau ditakut takuti sama orang
lain),sehingga dia trauma.  Ajak dia bicara saat dia sedang rileks (bukan
sehabis ketakutan lho..) anak seumur itu sudah bisa menyampaikan perasaanya
kok.  Mungkin nggak langsung mau ngaku ya.. tapi coba tanyakan lagi.. pelan
pelan (sambil lalu aja).. pasti ntar ketauan kenapa dia ketakutan begitu.

Baru pelan pelan kasih pengertian kalo badut itu baik hati, suka bercanda
sama anak anak, suka bagiin permen etc. Beda sama monster atau hantu
(mungkin dia belum bisa membedakan ketiga karakter ini  ==  sama sama heboh
sih kostumnya). Dan yang penting, jangan paksa anak buat ngeliat langsung or
jabat tangan, berikan rasa aman saat lewat depan badut, bisa digendongin
dulu, sambil dipeluk. Beri pujian (sekalian dikomporin gitu) kalo dia sudah
nggak jejeritan pas lewat di depan badut.

semoga membantu
mama bagas

SUMATERA UTARA !!!