Kalau boleh aku berpendapat, anak TK sekarang cukup kasihan karena banyak
sekolah yang sudah membebani untuk baca dan tulis tidak seperti jaman
ortunya sekolah dulu padahal dunia anak-anak tidak akan bisa terulang
lagi, sebenernya sayang yach kalau masa bermain anak-anak tsb hilang
karena tuntutan sekolah tapi jadi dilema juga bagi orang tua, lulus TK
tidak bisa baca tulis, alamat susah banget masuk SD pillihan.

Sekolah TK Domi anakku juga begitu, TK A sudah mulai diajarkan baca dan
tulis, awal TK A sudah dua suku kata (ba bi bu be bo, dll) dan diberikan
PR, buat aku pribadi tidak ada niatan untuk memaksa Domi untuk belajar
baca tulis demikian juga PR. Aku juga ibu bekerja, Domi memang tidak akan
mau buat PR dengan mbaknya pasti nunggu mama pulang kerja jadi PR tsb
dikerjakan malam, dari modul PR tsb aku coba kembangkan lebih lanjut (yang
penting tanpa paksaan), biasanya aku buatin draft kata-kata dengan excell
sederhana dengan huruf warna warni dan Domi suka sekali latihan membaca
dari draft yang aku buat tsb, untuk waktunya tidak aku paksa, kadang cuma
1 halaman folio dia udah minta udahan, kadang bisa 5 halaman folio masih
kepengen baca terus, aku ikutin aja kemauan dia. Hasilnya cukup terlihat,
dalam waktu singkat dia bisa baca kalimat sederhana di usianya yang baru
4,5 tahun.

Aku setuju dengan pendapat mbak Nyoman, orang tua adalah guru terbaik buat
anak karena hanya orang tua anak yang tahu benar bagaimana kondisi anak
sebenarnya, aku pikir buat kwantitas waktu yang diperlukan untuk anak TK
tapi kwalitas lebih penting, meskipun cuma 5 menit per hari cukup
bermanfaat yang penting anak tidak merasa terpaksa karena cukup
berpengaruh untuk perkembangan physikologi anak di jenjang pendidikan
selanjutnya.

salam,
rita (mama Domi)