Mbak Tanti,

Lebih baik consult ke DSOG anda dulu, dan minta surat pengantar untuk di
Bandara. Surat ini menyatakan bahwa mbak dalam kondisi sehat dan boleh
naik pesawat udara.

Di counter check in, mbak harus tunjukan surat tersebut. Biasanya ada
selembar surat yang harus ditandatangani oleh penumpang yang sedang
hamil. Nanti si petugas di counter check in yang akan memberikan surat
tsb. Surat itu seperti surat garansi bahwa dengan kondisi hamil, si
penumpang menanggung segala resiko yang akan terjadi dalam penerbangan
ini. Alias si perusahaan pesawat tidak mau mengganti rugi ataupun
dituntut apabila kandungan mbak gugur (amit-amit) atau apapun
diakibatkan perjalanan dengan flight tsb.

Saya termasuk yang bolak balik Bppn-Jkt waktu hamil, tapi saya stop
kegiatan itu begitu saya sudah memasuki usia kandungan di atas 7 bulan.
Menurut DSOG saya, usia kandungan dibawah 4 bulan juga rawan apabila
dibawa terbang.

Tips dari saya sih, tiap kali selesai penerbangan/sudah mendarat, lebih
baik cepat2 periksakan kondisi kandungan mbak. Misalnya selang sehari
setelah mendarat, segera ke DSOG setempat. Begitu pula ketika mbak
kembali dari Yogya, segara pergi ke DSOG langganan mbak. Dengan demikian
mbak tetap bisa men-secure kandungan mbak, dan tidak perlu khawatir
lagi.

Hope it helps.

Regards,
Carolline Silka Wibowo