Ryzen termasuk dalam antihistamin Mbak. Kandungannya Cetirizine Hcl memang
relatif aman untuk anak kecil. Tapi tetap penggunaan Ryzen untuk anak
dibawah usia 2 tahun belum ada uji safety nya. Mengenai antihistamin ini,
bisa coba baca di: http://www.mayoclinic.com/invoke.cfm?id=DR202060 Maaf
saya enggak bisa copy disini. Terlalu banyak.

Ini saya copykan berbagai tanggapan dari Dr Wati dan lain ttg Ryzen dan
alergi pada anak.

Melisa
===================
TANGGAPAN DR PURNAMAWATI TTG RYZEN DAN ALERGI PADA ANAK

Dear Sharlene
Thanks ya atas sharingnya
Sebetulnya mengenai obat anti alergi termasuk Ryzen ... sudah berulang kali
dikemukakan di milis ini
Kalau boleh, saya akan uraikan sekali lagi

1. Dari EBMnya, Ryzen jelas keberhasilannya untuk alergi. kalau pun
berhasil, maksimal pada 50% anak saja  dengan catatan pemberian jangka
panjang
Setelah dihitung2 cost benefitnya jadinya tidak menjadi acuan rutin untuk
menangani alergi

2. Belum dikaji safety nya bagi anak berusia kurang dari 2 tahun... nah ...
padahal ... pada anak apalagi 2 tahun ke bawah, kajian safety itu amat
sangat penting
Oleh karena itu kalau kamu buka medicastore misalnya ada klausul; TIDAK
DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANAK BERUSIA KURANG DARI 2 TAHUN

UNTUK SEMUANYA

DOKTER AHLI ALERGI ANAK:
ARTINYA YANG MEMANG KONSULTAN SESUAI PENGAKUAN KEAHLIAN DARI ORGANISASI
PROFESI (DALAM HAL INI GELARNYA SpAK):

Dr Syawitri siregar, SpAK
Dr Arwin P Akib SpAK
Dr Zakiudin Munasir SpAK

 16. BIDURAN - DIANA - 070405
Kasihan kamu ... akhirnya berapa hari bidurannya hilang? Coba amati
pencetusnya dan sedapatmungkin dihindari agar lain kali tidak terulang lagi
... Nah seandainya lain kali terulang ... kamu sudah benar ... kalau ringan
diamkan ... tidak usah makan obat ... kalau berat dan mengenai muka ... CTM
saja 3x sehari dengan atau tanpa deksametason ... kalau di muka ya dengan
steroidnya tetapi steroidnya jangan lebih 2 hari ...

 ALERGI ... kalau terbukti anakmu alergi suatu makanan ... stop dulu 1-2
minggu lalyu coba berikan lagi tetapi dalam jumlah keciiil saja lalu
bertahap ditingkatkan

 25. OBAT ALERGI KULIT - STP - 060405
Maaf ya Wiek ... baru ditanggapi .. emailmu ketlisut tetapi saya yakin
Wiwiek cukup kritis dan cerdas untuk mengetahui apa yg terbaik buat anakmu
Sambil menulis email ini ... saya berdoa puyernya tidak diberikan kepada
anakmu ... bukan apa2... banyak amat sampai 6 buah tambah sabun pula ...
Betadine salep saja kalau yg bernanah pecah ... jangan pakai sabun
antiseptik .. sabun biasa saja ya ... kan penggunaan antiseptik di rumah
(bahan untuk mengepel lantai dll) MEMPERCEOPAT MARAKNYA KUMAN RUMAH MENJADI
NKUMAN YANG RESISTEN ANTIBIOTIKA.

 30. ALERGI SUDAH 2 MINGGU - WINDI - 080405
Bagaimana anakmu? Saya sedih baca obatnya ... aduuh
Sayang puyer pertama kamu tidak punya datanya (seperti kerap saya kemukakan
di milis ... selalu simpan bukti2 tsb .. minta salinan resep dari apotik)
Resep kedua juga membingungkan ... kalau dermatitis kan dasarnya alergi kok
diberi antibiotika? Ryzen .. tidak boleh untuk anak < 2 tahun
Buktinya? Anakmu masih beruntusan bahkan tambah banyak
Jangan2 ia alergi sama obat yang diberikan?
Coba tata lingkungan ... saya usul mandinya jangan pakai dettol .. kan tidak
sedikit anak yg alergi dettol sehingga justru tambah banyak alerginya ,...
lagipula kian tidak ada infeksinya kenapa mesti akai antiseptik\? kulit kita
banyak kuman tapi kuman baik ... jangan dirangsang jadi kuman jahat yaa..