Halo Ayah nya Alya

Bayi merangkak dan berjalan itu tergantung dari anak nya kok pak, tiap anak beda2, ada yg duluan dan ada yg blkg, bapak ga usah kawatir kok Anak saya saja yg udah 1 tahun ga bisa merangkak, dia ga pake proses merangkak, lgs duduk, trus merembet deh, skr lagi titah2, udah mulai lancar.... Ada yg pake merangkak dulu juga, baru bisa merembet dan titah, ada temen saya jg anak nya baru bisa jalan mantep pas usia 1 tahun 5 bulan, ada juga yg usia 8 bulan udah mulai jalan.. Kalo kaki nya udah mantep memijak belajar titah juga ga masalah, cuma kalo belum yah jg jgn di paksa,kita ikutin aza sesuai dg kemampuan anak. Anak saya malah bisa ngomong duluan, di banding motorik nya, kata org dulu kalo anak nya ngomong dulu biasa nya jalannya belakangan, kalo jalan dulu ngomong nya belakangan.. Kalo anak saya kasih baby walker, tapi ada beberapa parents yg ga setuju dg metode ini, yah itu semua tergantung kemauan kita, anak saya pake baby walker untuk membantu aza, puji tuhan dia jadi makin cepet jalan, dan seneng, akhir nya baby walker nya udah ga kepake, krn dia skr udah mulai mantep dan bosan dg baby walker nya....asal di awasin ketat aza kalo sedang paki baby walker nya....

Salam

Nina