FYI : Di belanda (produsen pediasure) pediasure ini
tidak dijual bebas di supermarket lho, tapi di apotik.
Bahkan ada yg minta resep kalau kita mau beli, soalnya
pediasure memang bukan susu biasa. Itu kata ibu yg
tinggal di belanda. Aku kutip tulisan beliau

Pediasure di Belanda memang gak dijual dipasaran, kaya
di Indo bisa dibeli di supermarket. Waktu adek saya mo
dateng kesini thn lalu, dia sempet minta saya belikan
pediasure disini buat persediaan anaknya nanti. Saya
keliling ke supermarket disini hasilnya nol kosong,
trus saya ke apotik, mereka bilang ada tapi musti
pesen dulu. Ada beberapa apotik yang minta resep
dokter, ada juga yg boleh tanpa resep. Waktu saya
bilang sama suami, ternyata pediasure itu, kalo diliat
keterangannya, itu susu untuk diet, jadi bukan buat
konsumsi anak yang susah makan. Kalo dari kecil udah
dikasih susu ini, bisa2 nanti ususnya mengecil dan gak
bisa mengkonsumsi makanan biasa. Jadi waktu anak adek
saya kesini, kita sama sekali gak kasih pediasure,
kita ganti ama susu produk nestle yang rasanya hampir
sama ama pediasure.Walhasil ponakan saya suka dan
sampe gini hari udah gak minum pediasure lagi.

Keterangan yg lain, aku dapatkan dari milis sehat
sebagai berikut :

Pediasure

mba fieta,.. bukannya pediasure juga salah satu
kandungannya adalah susu sapi?..berarti kandungannya
sama juga doong dengan susu uht?

berikut saya copy paste-kan tanggapan dari dr wati
mengenai pediasure yang pernah di posting di milis:

Pediasure t dk lebih unggul dari susu biasa. Pediasure
adalah makanan cair jadi seberulnya dibuat untuk anak2
sakit berat yg tdk bisa makan makanan padat. Adalah
kesalah kaprahan - memberikan pediasure pada anak yg
tdk mau makan. Makan itu bagian dari pendidikan,
eksperimen, pengalaman, adventure.
makan cair hanya kalau anak kita sakit berat, pasca
operasi usus.
Dia lebih mahal kreena packingnya kaleng, gulanya
bukan lactosa tapi
sukrosa, lemaknya lemak khusus biuat anak sakit berat.
Jadi, gak perlu pakai pediasure, apalagi rasanya manis
sekali
makan harus fisiologis artinya yg normal2 saja.

sori buat yang ga berkenan..
-yuli-

Dear all
Selamat pagi
Maaf tdk bisa lama karena harus siap2 ke radio buat
talk show ... tapi yg emergency sudah saya respons ya
kemarin ... sisanya maafff nyicil ...
thanks buat SPs yang sudah menanggapi

PEDIASURE
terus terang .. saat membaca email perihal pediasure
... saya deg2 an hehehe ... berdoa .. pasti ... pasti
ada SP yg akan menanggapi ... Alhamdulillah Yuli
(Pudji) sudah merespons
Adalah hak kalian untuk menentukan tetapi .. teliti
ketika membeli itu pepatah kuno yg tidak lekang dengan
waktu
Pediasure adalah makanan cair untuk anak sakit berat.
Di lain pihak .. dalam kesehatan tidak ada jalan
pintas makan ya makan dalam bentuk sefisiologis
mungkin (itu istilah medisnya) atau se natural mungkin
(itu istilah awam nya)

makan harus ada serat, ada phytikimia nya, makan
adalah exdperience and entertainment bukan sekedar
agar anak gemuk

Pemberian makan cair hanya untuk anak sehabis operasi
pemotongan usus dan kasus hawat lainnya, pemberian
makan cair untuk jangka panjang tentunya akan
mempengaruhi kinerja sal pencernaan kita, antara lain
rahang menjadi kecil, letak gigi menjadi tidak
beraturan

Akhirnya..ketika kita/kalian kecil dahulu pasti pernah
gak mau makan  apakah kalian diberi pediasure?
Beruntung nya generasi terdahulu tidak terlalu menjadi
bulan2an iklan....

-wati-

Saya mau nambahin sedikiit penjelasan mbak Yuli..

Di situsnya abbott (produsennya Pediasure) jelas lho
disebut bahwa Pediasure adalah Therapeutic Nutrient,
atau Nutrisi untuk Pengobatan, ditujukan untuk
anak-anak yang sakit berat & operasi besar sehingga
kesulitan mencerna.
Dengan demikian, mengkonsumsi pediasure (dan nutren &
sejenisnya) berarti tidak menggunakan alat2 pencernaan
dengan sempurna & maksimal. Dan jangan lupa..
pencernaan dimulai dari di mulut.. karena sewaktu
mengunyah, kita menghasilkan enzim-enzim juga yang
berperan membantu lambung nantinya untuk mengolah
makanan. Ini ternyata penting lho teman-teman.. karena
banyak masalah pencernaan yang muncul (mungkin tidak
sekarang, tp di hari depan anak2 kita) yg disebabkan
rantai pencernaan ini tidak berfungsi akibat
keseringan kita by-pass (dari mulut -glek langsung ke
lambung.. tidak lewat proses dikunyah)

Satu hal lagi yg merupakan pengalaman nyataku, sebagai
orangtua dari seorang anak yg mengalami keterlambatan
bicara. Beberapa dokter yang kami datangi waktu
memeriksakan anakku itu bertanya "Umur berapa mulai
makanan padat?" dan "Bagaimana pola makannya".. Dulu
aku pikir, ah.. apa pula hubungannya makan dengan
bicara !#$$%^!! Tapiii ternyata dengan makan makanan
padat, organ bicara kita, khususnya otot-otot oromotor
kita berlatih, dan ini sangat membantu membentuk
kemampuan bicara anak. Menurut dsa-ku, sudah
dibuktikan melalui penelitian bahwa semakin lama anak
makan-makanan yang lunak (apalagi cair!) dan jarang
menggunakan mulutnya untuk mengunyah yang padat,
peluang terjadinya kesulitan bicara juga semakin
besar.

Begitulah kebesaran Tuhan.. menciptakan semua organ
tubuh saling berkait, yang satu membantu mempersiapkan
fungsi dan kemampuan organ lain.. mudah-mudahan kita
bisa menjaga amanah yang luar biasa itu,
sebaik-baiknya..Aamiin!

/hanni

PEDIASURE

v Aduh kenapa adit dikasih pediasure.. Saya banyak
berdiskusi dg DRG karena mereka akan memberikan
seminar tentang kesehatan gigi pada anak dan saya
diminta bicara dari aspek dokter anak. Salah satu yg
jadi issue adalah PEMBERIAN FLUOR SUPPLEMENT KARENA
EFEK SAMPINGNYA.

Kedua, pola makan yg salah misalnya minum susu botol
mau tidur, makanan di blender saring sampai di atas
usia 9 bulan, lalu makan makanan kayak pediasure!!!
Anak yg tidak belajar mengunyah rahangnya tidak
tumbuh, gusinya tidak sehat Kedua, pediasure untuk
anak operasi misalnya, baru sambung usus, nah
gak bisa dikasih makanan biasa, kasih deh makanan
cair.

Ketiga, pediasure tdk memberikan serat, tdk memberikan
phytochemicals suatu zat yg berguna untuk mencegah
kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Mulai deh
makan biasa aja, biar aja sedikit asal sering

v Pediasure tidak lebih unggul dari susu biasa.
Pediasure adalah makanan cair jadi sebetulnya dibuat
[...]

bukan lactosa tapi sukrosa, lemaknya lemak khusus buat
anak sakit berat.Jadi, gak perlu pakai pediasure,
apalagi rasanya manis sekali makan harus fisiologis 0
artinya yg normal2 saja.

(yg nulis Dr. Purnamawati)

www.keluargarustamaji.blog.com