Dear mom,
 Mau sedikit nambahin mengenai pediasure. Berikut aku post dari milis
sebelah mengenai pediasure, yang seharusnya bukan u/ mengatasi anak
yang susah makan. Pediasure sebaiknya dikonsumsi anak yang habis
operasi berat, karena ususnya belum dapat mencerna dengan baik.
Kebiasaan makan berhubungan dengan organ pencernaan makanan, mulai
dari mulut hingga anus. Jika organ ini hanya di"tantang" u/ mengolah
makanan cair, kapan dia bisa belajar mencerna makanan yang sebenarnya?

Mohon maaf jika kurang membantu.
=listi=

Dr. Wati Wrote :

PEDIASURE
terus terang .. saat membaca email perihal pediasure ... saya deg2 an
hehehe ... berdoa .. pasti ... pasti ada SP yg akan menanggapi ...
Alhamdulillah ... Yuli (Pudji) sudah merespons
Adalah hak kalian untuk menentukan .. tetapi .. teliti ketika membeli
... itu pepatah kuno yg tidak lekang dengan waktu ...
Pediasure adalah makanan cair ... untuk anak sakit berat ... Di lain
pihak .. dalam kesehatan ... tidak ada jalan pintas ...makan ya makan
.. dalam bentuk sefisiologis mungkin (itu istilah medisnya) atau se
natural mungkin (itu istilah awam nya)

makan harus ada serat ... ada phytikimia nya ... makan adalah
exdperience and entertainment... bukan sekedar agar anak gemuk ...

Pemberian makan vair hanya untuk anak sehabis operasi pemotongan usus
dan kasus hawat lainnya ... pemberian makan cair untuk jangka panjang
tentunya akanmempengaruhi konerja sal pencernaan kita .. antara lain
... rahang menjadi kecil... letak gigi menjadi tidak beraturan

Akhirnya ... ketika kita/kalian kecil dahulu ... pasti pernah gak mau
makan ... apakah kalian diberi pediasure? Beruntung nya generasi
terdahulu .. tidak terlalu menjadi bulan2an iklan....

Hanni Wrote :

Di situsnya abbott (produsennya Pediasure) jelas lho disebut bahwa Pediasure
adalah Therapeutic Nutrient, atau Nutrisi untuk Pengobatan, ditujukan untuk
anak-anak yang sakit berat & operasi besar sehingga kesulitan mencerna.
Dengan demikian, mengkonsumsi pediasure (dan nutren & sejenisnya) berarti
tidak menggunakan alat2 pencernaan dengan sempurna & maksimal. Dan jangan
lupa.. pencernaan dimulai dari di mulut.. karena sewaktu mengunyah, kita
menghasilkan enzim-enzim juga yang berperan membantu lambung nantinya untuk
mengolah makanan. Ini ternyata penting lho teman-teman.. karena banyak
masalah pencernaan yang muncul (mungkin tidak sekarang, tp di hari depan
anak2 kita) yg disebabkan rantai pencernaan ini tidak berfungsi akibat
keseringan kita by-pass (dari mulut -glek langsung ke lambung.. tidak lewat
proses dikunyah)

Satu hal lagi yg merupakan pengalaman nyataku, sebagai orangtua dari seorang
anak yg mengalami keterlambatan bicara. Beberapa dokter yang kami datangi
waktu memeriksakan anakku itu bertanya "Umur berapa mulai makanan padat?"
dan "Bagaimana pola makannya".. Dulu aku pikir, ah.. apa pula hubungannya
makan dengan bicara !#$$%^!! Tapiii ternyata dengan makan makanan padat,
organ bicara kita, khususnya otot-otot oromotor kita berlatih, dan ini
sangat membantu membentuk kemampuan bicara anak. Menurut dsa-ku, sudah
dibuktikan melalui penelitian bahwa semakin lama anak makan-makanan yang
lunak (apalagi cair!) dan jarang menggunakan mulutnya untuk mengunyah yang
padat, peluang terjadinya kesulitan bicara juga semakin besar.

Begitulah kebesaran Tuhan.. menciptakan semua organ tubuh saling berkait,
yang satu membantu mempersiapkan fungsi dan kemampuan organ lain..
mudah-mudahan kita bisa menjaga amanah yang luar biasa itu,
sebaik-baiknya..Aamiin!

/hanni

Yulli Wrote :

Pediasure t dk lebih unggul dari susu biasa. Pediasure adalah makanan cair
jadi seberulnya dibuat untuk anak2 sakit berat yg tdk bisa makan makanan
padat. Adalah kesalah kaprahan - memberikan pediasure pada anak yg tdk mau
makan. Makan itu bagian dari pendidikan, eksperimen, pengalaman, adventure.
makan cair hanya kalau anak kita sakit berat, pasca operasi usus.
Dia lebih mahal kreena packingnya kaleng, gulanya bukan lactosa tapi
sukrosa, lemaknya lemak khusus biuat anak sakit berat.
Jadi, gak perlu pakai pediasure, apalagi rasanya manis sekali
makan harus fisiologis 0 artinya yg normal2 saja.

> Sorry mbak Rifa dan juga mom's and dad's yg lain,
> bisa minta artikel ttg ini (arsip) tsb,
> maklum saya kan anggota baru,
>
> thks,
> mama angel & bernad