Dear Iyana,

aku sharing pas aku lahiran di rs puri cinere, 9 maret lalu ya.

di minggu ke 39, waktu mau mandi sore, tnyata aku udah keluar flek. abis
mandi lsg deh kabur ke rs, kebetulan jaraknya hanya 1/2 jam dr rmh.
langsung masuk ke klinik kebidanan, laporan ke suster jaga dan disuruh masuk
ke ruang persalinan. di situ, di-cek pembukaannya sama bidan.
biasanya kalau sudah pembukaan 3, pasien hrs masuk ruang rawat inap...

nah yang ngurus tetek-bengek sih suamiku, krn aku nggak boleh keluar dr
ruang persalinan itu.
bidan jaga akan beri surat pengantar untuk pengurusan kamar....pilihan kamar
kyknya disesuaikan dengan kamar yg tersedia. kebetulan utk kamar kelas II,
msh banyak, jd aku ambil deh. biaya lahiran baik normal atau caesar,
disesuaikan dengan kamar yg dipilih.
kalau normal, 3 hari sudah boleh pulang....kalo caesar, biasanya 5 hari.
kalau caesar mgkin harus booking dulu ya, tp tergantung case nya sih....aku
kurang tau, krn kmrn aku lahiran normal.

biasanya akan diminta uang DP, besarnya tergantung tiap rumah sakit. aku
kebetulan pakai asuransi, jd nggak pakai DP.

kayaknya, kamu nggak usah terlalu ribet mikirin macem2 deh....urusan tetek
bengek gitu serahkan ke suami/saudara aja...krn kalau udah mules2 gak
karuan, boro2 deh bisa mikir pendaftaran, kamar dll...
yang penting, kamu tanya detail biaya lahiran di rs hermina itu...dan
prepare dana utk lahir normal dan caesar.

yang penting dibawa dr rumah kyknya cuma alat2 mandi, make-up, baju dalam
dan mgkin pembalut khusus persalinan. soal baju, handuk, kyknya hrs pakai dr
rumah sakit.
utk baju baby juga dr rumah sakit. mgkin harus disiapkan popok, baju, kain
bedong, sarung tangan-kaki & selimut utk pulang aja kali ya..

segitu aja sharing aku....mudah2an bermanfaat.

sukses ya ....jaga kesehatan, biar gak ada masalah sampai dedek nya keluar.

salam,
mamanya Rama