Dear Ana,
Kalau ingin info lengkap tentang melahirkan, coba deh
baca seri ayahbunda Serab-Serbi Bayi Baru. Meski
judulnya bayi baru tapi di bab awal dibahas mengenai
persalinan. apa yg terjadi selama proses persalinan
baik yg normal alami maupun dengan bantuan alat atau
melahirkan melalui cesar, trus ada masa kritis
persalinan, persiapan suami, apa yg mesti disiapkan di
rumah, yg harus dibawa ke RS, apa yg bisa dilakukan
sang ayah saat menemani istri melahirkan, dll. Dibahas
juga ttg kontraksi.

Trus juga ada tips cara merawat bayi baru lahir sampai
umur 3 bulan. Imunisasai, cara menyusui, penyakit
bayi, cara menyusui, memakaikan baju, memandikan,
merawat tali pusat, dll.

Menurutku buku ini sudah bisa memnuhi rasa ingin
tahuku tentang persalinan. Buku ini juga dibaca
suamiku, jadi waktu kami melewati proses ini aku
bener-bener inget dengan teori-teori yg aku baca dan
ngingetin suami ttg tindakan-tindakan apa yg bisa
dilakukan untuk membuatku nyaman saat melahirkan :))

Selama aku mempersiapkan kelahiran, praktis aku hanya
ber-2 aja dengan suami, soalnya ortu dan mertua jauh,
tapi karena aku juga lebih suka baca daripada "hanya
sekedar mendengar" maka aku cocok dengan buku ini,
sampai lecek dah :-)

Oh iya, usia kehamilan 7 bulan sudah bisa mulai senam
hamil dan merawat payudara untuk mempersiapkan ASI.

Hope it helps.

rina rinso

www.keluargarustamaji.blog.com