Halo mbak2,

Wah nasibku sama tuh dg mama Kavin, punya kista ovarium sampai ovariumnya pun
ikutan diangkat satu saking gedenya tuh kista, dan sebelum saya married juga.
Info dari dokterpun sama, kista jenis ini adalah bawaan lahir yg biasanya tidak
tumbuh lagi (kistanya ada rambut, tulang dan gigi ya mbak Uci?).

Saya juga punya cerita, ada tante saya, punya kista di rahim dari sekitar 3
tahun yg lalu.  Saking takutnya dia dengan operasi eh dia berobat alternatif
kesana kemari.  Kadang sampai yang gak masuk akalpun menurutku dia lakonin.
Eh akhirnya gak tahan juga, ya dioperasi juga... walhasil kistanya udah jadi
segede bayi dengan berat 3.5 kg!!!... Alhamdulillah nggak ada keluhan sampai
sekarang.

Yang saya tau, kista/kanker/miom seperti juga sakit jantung ada faktor
keturunannya (gak selalu, tp ada).  Apalagi saat ini diperparah dengan
kenyataan wanita semakin tua usia punya anaknya, yang konon katanya dapat
memicu tumbuhnya kista, endometriosis, dll.  Ada juga faktor polusi dan makanan
kita yg banyak mengandung zat kimia.

Makanya kalo join asuransi biasanya ditanya ada keturunan penyakit2 di atas
nggak?  Rasanya jaman sekarang kalo kita ngobrol2, banyak banget orang yg
menderita kista/miom bahkan kanker... jadi ya.. santai ajalah mbak... gak usah
terlalu dipikirin.   Nanti malahan stress.  Jangan lupa makan makanan yang baik
untuk menghindari kista dan juga berolahraga yg teratur....

Salam,

Rury

Mama Kavindra <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Mbak Wanda...

Sharing aja aku dulu banget pas belum married juga
pernah operasi kista (bebrapa kali aku sharing di BA
juga)... gak tanggung2 beratnya 1100 gram (kaya janin
5-6 bln) kistanya di indung telur sebelah kiri... n
pas operasi itu juga indung telur kiriku diangkat..
but puji Tuhan haid mormal n masih bisa punya Kavin...

Penyebab kistaku sendiri itu kata DSOGku krn hormonal
krn dulu aku lahir prematur n ditengerai bibit kista
ada sejak aku baby.. kalo krn keturunan aku gak punya
info-nya

Kalo setauku obat kista tu bisa dari kebiasaan cara
makan (aku ada artikelnya.. ntar aku kirimjapri aja
yah)

Operasi kista kalo pake rahim diangkat sgala aku gak
tau banyak... but jaman sekarang udah pada canggih
operasi gak perlu dikuatirkan
Tadinya aku juga ragu2 waktu mo operasi krn rasanya
susah banget ngebayangin blum married indung telur
diangkat.. ntar kalo gak bisa punya keturunan gimana,
etc...
so, berdasatkan pertimbangan kluarga aku n calom suami
waktu itu akhirnya aku operasi juga .. pertimbangannya
sih kalo operasi tuh smuanya yg 'sakit' kan diambil...
n harapannya tu 'penyakit' juga kluar smua gak
bersisa... puji Tuhan emang sampe sekarang gak ada
tanda2 kista itu muncul lagi...

So, saranku sih cari alternatif lain gpp juga... perlu
malah but ya kitanya mesti siap2 buat hal yg terburuk
operasi misalnya... yakin aja yg terburuk buat kita
blm tentu buruk di mata Tuhan...

Ok, mbak moga2 ibunya dapat jalan terbaik dari Tuhan,
ya!