Mbak Intan,

Sekalian mo nanya, kalo vaksin Hib tuh untuk otak bukan?? menurut DSA jarak
pemberian hib 1 & 2 sekitar 2 bulanan, nah anakku krn sakit jadi hib 2 nya
belum dikasih ma dr. harusnya tgl 4 juni kemarin.......ngaruh ga sih kalo
telat ngasih vaksin hib 2 dstnya????

Makasih,
Ibunya Abraham

                    "intan dima"

                    <[EMAIL PROTECTED]        To:
<balita-anda@balita-anda.com>
                    bn.net.id>            cc:

                                          Subject:     Re: [balita-anda] test
sekalian mo ngomel
                    22/06/2005

                    13:37

                    Please respond

                    to balita-anda

1. cacar air itu penyakit yg diakibatkan virus mild mbak..... walaupun
memang ada resiko komplikasi, tapi biasanay ringan...anak kecil (dibawah 12

tahun) yg terkena cacar air, akan pulih total cepat..... dan sekali kena
sakit cacar air, akan imun seumur hidup... saya dulu kena cacar air pas
usia
12 tahun.... sama ortuku, kakakku (14yahun) sekalian ditularin.... jadi
sekalian repot dan sekalian ambil manfaatnya .... saya dan kakak saya total

hanya 1 tahun bekas bentol cacar hilang 95% (5%nya gak bisa ilang karena
kegaruk2 waktu tidur)
lain kalau orang dewasa yg kena cacar air, biasanay akan lebih lama
sembuhnya......jadi, jalan tengahnya, saran pemberian vaksin varicella
setelah 12 tahun....

manfaat kalau anak kita gak di varicella: hemat duit, kalaupun kena
penyakit
sembuhnya gampang, dan akan imun seumur hidup....
kerugiannya kalo gak divaricella: ortu suka gak tega liat anak sakit dan
badan anak berbekas bentol2

manfaat kalau di varicella: resiko kena cacar air kecil (resiko terkena
tetap ada)
kerugian kalau di varicella: biaya mahal bok hehehhe

2. SEMUA vaksin bisa diberikan simultan.... takut kebanyakan bakteri di
dalam tubuh??? coba kita merenung sama2 sejenak.. dalam setiap detik,
ratusan macam bakteri dan virus berkeliaran di sekeliling kita..... iya
kan?
jadi, kenapa takut vaksin simultan?
vaksin ada 2 macam:
- vaksin mati: Hepatitis A, B, DPT, HIB, Thypus
- vaksin hidup: polio oral, BCG, MMR, Campak, Varicella

pemberian vaksin mati bisa digabung sekaligus dan kapan saja bisa
vaksin hidup juga bisa diberikan sekaligus (dengan vaksin hidup dan atau
vaksin mati)... nah kalau pemberian 2 (or lebih) macam vaksin hidup
dilakukan di waktu yg berbeda, harus ada jarak 2 minggu.....

sekian, dan terima kasih